Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 21:55 WIB

Zulkifli Hasan Cawapres yang Tepat untuk Prabowo

Oleh : Abdullah Mubarok | Sabtu, 14 April 2018 | 20:32 WIB

Berita Terkait

Zulkifli Hasan Cawapres yang Tepat untuk Prabowo
Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Deputy Institute for Transformation Studies (Intrans) Endang Tirtana menilai Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan merupakan cawapres yang tepat untuk mendampingi Prabowo Subianto.

"Jika dihitung, sosok Zulkifli Hasan memiliki semua kriteria untuk mendampingi Prabowo," ujar Endang Tirtana, Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Dia menjelaskan PAN tidak bisa dilepaskan dari nama Muhammadiyah sebagai salah satu ormas Islam terbesar di Indonesia. Belum lagi sosok Amien Rais yang kini muncul kembali dengan kritikan-kritikan kepada Jokowi.

"Kehadiran Amin Rais tentu bisa dijadikan salah satu faktor pendongkrak elektabilitas. Nama besar, karakter oposisi sejati, latar belakang jaringan Muhammadiyah merupakan faktor penguat untuk elektabilitas Prabowo," katanya.

Dibandingkan dengan PKS, Zulkifli Hasan dan PAN jauh lebih menguntungkan Prabowo dalam hal nama cawapres. Menggandeng Zulkifli Hasan jauh lebih menguntungkan dibanding menggandeng PKS dengan resiko ditinggalkan PAN.

"Posisi Zulkifli Hasan sebagai Ketua MPR juga bakal menguatkan ekektabilitas Prabowo, plus dukungan dari Amien Rais yang tentu masih memiliki basis pendukung setia di Muhammadiyah," ujarnya.

Ini tentu berbeda, jika Prabowo akan mengusung nama lain di luar PKS dan PAN. Dengan sangat terbatasnya ruang koalisi akibat syarat 20% dukungan kursi, maka PKS dan PAN pasti akan mencoba untuk mendapatkan tiket cawapres dari Prabowo.

Sebagaimana diberitakan, kepastian Prabowo Subianto untuk maju menjadi capres 2019 memasuki babak baru. Tinggal kini bagaimana mencoba menebak siapakah nama yang akan dipilih masing-masing capres untuk menjadi cawapres pendamping.

Kriterianya jelas, nama cawapres harus mampu memberikan efek peningkatan elektabilitas terhadap capres. [rok]

Komentar

x