Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 10:10 WIB
 

Hendropriyono Siapkan Putranya Pimpin PKPI?

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Sabtu, 14 April 2018 | 18:01 WIB
Hendropriyono Siapkan Putranya Pimpin PKPI?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum PKPI (Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia), AM Hendropriyono menyarankan partainya menggelar kongres luar biasa (KLB) untuk mencari penggantinya memimpin partai tersebut. Sebab, Hendro ingin pensiun dari ketua umum.

Direktur Eksekutif POINT Indonesia, Karel Susetyo menilai rencana mundurnya Hendro dari jabatan Ketua Umum PKPI sebagai bentuk jalan baru untuk dipimpin oleh kepemimpinan muda Diaz Hendropriyono. Diaz merupakan putra ketiga mantan Kepala BIN tersebut.

"Bisa saja ini diartikan sebagai bentuk regenerasi, tapi pada satu sisi dapat dilihat sebagai bentuk politik dinasti," kata Karel di Jakarta, Sabtu (14/4/2018).

Oleh karena itu, Karel menyarankan peralihan kepemimpinan Hendro ini harus secara smooth dan elegan sesuai dengan legalitas kepartaian yang ada selama ini sehingga tidak terkesan Diaz sudah dikarbit oleh sang ayah yakni Hendro.

Di samping itu, Karel mengatakan PKPI juga kedepan harus mampu keluar dari takdirnya sebagai partai gurem sejak pemilu 1999. Menurut dia, jangan sampai sia-sia kalau dipimpin Diaz nantinya partai tersebut tetap saja jadi partai gurem.

"Apalagi tantangan Electoral Treshold kali ini jauh lebih besar dari sebelumnya. Pemetaan dapil unggulan dan penyiapan caleg terbaik harus menjadi program jangka pendek Diaz dalam menghadapi Pemilu 2019," ujarnya.

Menurutnya, PKPI meski sudah mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon incumbent atau petahanan Presiden RI pada pemilu presiden 2019 bukan jadi jaminan dapat meningkatkan PKPI.

"Dengan hanya bermodalkan senagai partai pendukung Jokowi saja tidaklah cukup. PKPI jelas partai yang tidak akan bisa menjadi penikmat Jokowi effect pada pemilu 2019 nanti," tandasnya.

Untuk diketahui, KPU RI telah menetapkan PKPI lolos sebagai peserta pemilu 2019 dengan nomor urut 20. Namun, Hendro mengaku ingin pensiun sehingga PKPI disarankan segera melakukan kongres luar biasa untuk mencari pemimpin muda menjadi Ketua Umum PKPI. [fad]

Komentar

x