Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 18:42 WIB

Polri Temukan Bungker Penyimpanan Miras Oplosan

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 13 April 2018 | 18:58 WIB
Polri Temukan Bungker Penyimpanan Miras Oplosan
Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polda Jawa Barat membongkar sebuah bungker di bawah gazebo setinggi 3,5 meter dan panjang sekitar 25 meter persegi di salah satu rumah pemilik miras oplosan, di Jalan Bypass, Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Diduga bungker tersebut merupakan tempat menyimpan bahan baku, memproduksi minuman oplosan dan menyimpan minuman oplosan siap distribusi.

Kadiv Humas Polri, Irjen Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya masih menyelidiki daerah mana saja yang menjadi penadah produksi miras oplosan ini. Setyo juga menyebut bunker produksi miras ini dalam skala yang besar.

"Cukup besar (produksi). Karena dia menggunakan ruangan itu dan kemas botol-botol cukup rapi," kata Setyo di Kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (13/4/2018).

Setyo mengatakan pihaknya juga akan menyelidiki apakah bunker miras oplosan ini mempunyai jaringan yang terorganisir atau tidak. Sebab, dari barang bukti yang ditemukan terdapat zat-zat yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia.

"Kita temukan rata-rata korban dilambungnya ada unsur etanol maupun metanol. Metanol sangat merusak dan bisa menyebabkan organ tubuh terganggu," ujarnya.

Sebelumnya, Polri menyampaikan ada 89 orang meninggal setelah mengonsumsi miras oplosan di wilayah Jawa Barat dan Metro Jaya. Selain itu, ada juga yang masih dirawat akibat dari miras oplosan tersebut. [ton]

Komentar

x