Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 18:14 WIB

Novanto Tuding Mekeng Terima Uang 1 Juta US Dolar

Oleh : Ivan Setyadhi | Jumat, 13 April 2018 | 16:51 WIB
Novanto Tuding Mekeng Terima Uang 1 Juta US Dolar
Terdakwa Kasus Korupsi Pengadaan KTP elektronik, Setya Novanto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Selain membaca puisi meminta maaf atas perkara korupsi yang dibuatnya, Setya Novanto kembali menuding pihak lain yang diduga terlibat dalam dugaan korupsi proyek e-KTP

Dalam lembaran pledoi-nya, bekas Ketua DPR itu menyebut Ketua Fraksi Partai Golkar DPR saat ini Melchias Markus Mekeng disebutnya menerima uang mega proyek itu. Tak tanggung-tanggung, Mekeng disebutnya menerima uang hingga US$ 1 juta yang diberikan oleh Irvanto Hendra Pambudi.

Dalam pledoi yang dibacakannya itu, Setya Novanto menuturkan pada 6 Maret 2018, dirinya dikonfrontir dengan Irvanto soal pemberian uang kepada sejumlah anggota DPR, termasuk Mekeng.

Irvanto yang memperbaiki permohon justice collaborator-nya itu menceritakan kronologis secara lengkap pemberian uang pada sekitar akhir tahun 2010 kepada sejumlah anggota DPR.

Irvanto mengakui dirinya menerima US$ 1 juta dari Andi Agustinus. Ia diminta Andi untuk menyerahkan kepada Mekeng dan Markus Nari.

"Namun, menurut Irvanto, uang tersebut semuanya diserahkan kepada Saudara Melchias Markus Mekeng d ruang Fraksi Golkar Lantai 12 Gedung DPR RI," ujar Setya Novanto.

Pernyataan Novanto itu seolah mentahkan bantahan Mekeng yang menyebut tidak pernah menerima sama sekali aliran dana mega proyek e-KTP itu.

Nama Melchias Mekeng sendiri tercatut dalam surat dakwaan Irman dan Sugiharto. Dalam dakwaan itu, Mekeng disebut menerima uang haram dari proyek e-KTP sebanyak USD1,4 juta.

Uang itu diterima Mekeng dari Andi Agustinus dalam kapasitasnya sebagai ketua Banggar DPR. Tak sampai itu, pada persidangan perkara e-KTP, terdakwa Setya Novanto juga menyebut bila Mekeng menerima aliran dana US$500 melalui keponakannya Irvanto Hendra Pambudi.

Bahkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin pun turut menyebut jika Mekeng menerima aliran dana proyek e-KTP. [ton]

Komentar

x