Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 04:32 WIB

Miras Oplosan: Polri: Ancamannya Seumur Hidup

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Jumat, 13 April 2018 | 16:14 WIB

Berita Terkait

Miras Oplosan: Polri: Ancamannya Seumur Hidup
Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri menyebut pengedar minuman keras (miras) oplosan akan dijerat dengan Undang-undang (UU) Pangan dengan ancaman penjara seumur hidup.

"Ini kita sedang rancang konstruksi hukumnya, untuk yang terbukti sekarang meninggalnya orang kita kenakan UU pangan Nomor 18 tahun 2012. Ancaman hukumannya seumur hidup kalau memperjual belikan bahan makanan yang ia ketahui membahayakan," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (13/4/2018).

Selain itu, pelaku penjual miras oplosan juga bisa diancam dengan pasal 204 KUHP. Dalam pasal tersebut, ancamannya sama yakni maksimal seumur hidup.

"Kemudian ancaman 240 KUHP itu pembunuhan berencana tapi harus dibuktikan niatnya. Tapi kalau 204 KUHP itu dia memperjual beli makanan yang mengakibatkan orang meninggal dunia bisa dikenakan," kata Setyo.

Setyo mengatakan saat ini pihaknya masih menyelidiki apakah ada keterkaitan antara penjual atau pengedar miras oplosan di satu wilayah dengan wilayah lain. Hasil penyelidikan awal ditemukan adanya bahan alkohilol yang sama di beberapa wilayah yakni ethanol dan methanol.

"Masih diselidiki (jaringan) karena yang kita temukan rata-rata korban di lambungnya ada unsur ethanol maupun methanol. Methanol sangat merusak dan ketika orang minum metanol akan mengganggu organ-organnya. Orang biasa minum metanol bisa terganggu apalagi over," jelas Setyo.

Sebelumnya, Polri menyampaikan ada 89 orang meninggal akibat menenggak miras oplosan di wilayah Jawa Barat dan Metro Jaya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x