Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 18 September 2018 | 21:40 WIB

AHY Ingatkan Santri untuk Jaga Perdamaian

Oleh : Ajat M Fajar | Jumat, 13 April 2018 | 16:00 WIB

Berita Terkait

AHY Ingatkan Santri untuk Jaga Perdamaian
Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Wonosobo - Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengingatkan para santri/santriwati untuk menjaga perdamaian dalam keberagaman, dalam rangka memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran (PPTQ) Al-Asyariyyah, Jl. K. H. Asyari No. 9, Kalibeber, Wonosobo, Kamis (12/4) malam.

"Ukuwah Islamiyah harus terus dipelihara, tetapi ukuwah insaniyah juga harus dilakukan dari hari ke hari sehingga kita bisa hidup damai dan tentram di dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia," tutur AHY dalam keterangan persnya yang diterima lewat Deputi Media Kogasma Partai Demokrat, Putu Supadma Rudana , Jumat (13/4/2018).

Menurut dia, masyarakat Indonesia sangat majemuk. Meski mayoritas masyarakat memeluk agama Islam namun mereka bisa hidup berdampingan dengan masyarakat lain.

"Inilah sejatinya Islam Indonesia, sangat khas. Karena kita hidup berdampingan dengan umat-umat agama lainnya. Karena kita punya Pancasila dan Merah Putih, sehingga kita senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan di atas keberagaman yang kita miliki," sambungnya.

AHY mengimbau kepada masyarakat agar terus menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Oleh karena itu tentu kita berharap Indonesia secara internal selalu menjaga perdamaian yang hakiki dengan mengedepankan toleransi dan tenggang rasa diantara kita semuanya," tambah AHY.

Di ponpes Al-Asyariyyah, AHY disambut sorak sorai sekitar 2000 santri/santriwati. Tabuhan rebana yang dimainkan para santri mengiringi langkah AHY menuju tempat acara. "Yesss! Dapat salaman dengan Mas Agus," teriak salah satu santriwati kepada temannya. Ribuan santriwati berlomba menarik tangan AHY untuk bersalaman.

Pada kesempatan itu, AHY juga mengajak para santri/santriwati untuk peduli kepada sesama umat Islam dimanapun berada. Hal ini terkait dengan apa yang terjadi di Timur Tengah belakangan ini, dari penggunaan senjata kimia di Suriah, pembantaian etnis minoritas Islam Rohingya di Myanmar, hingga penembakan secara brutal di Palestina baru-baru ini.

"Sebagai populasi muslim terbesar di dunia, Indonesia juga bisa dan harus menunjukkan sikapnya merepresentasi dunia Islam yang kita tahu tidak selalu dalam situasi yang baik. Ini adalah komitmen kita sejak kemerdekaan Indonesia agar juga menjaga ketertiban dunia. Indonesia harus bisa menyuarakan sikap dan pandangan yang sangat kritis. Sikap yang tegas untuk mengecam terjadinya tragedi-tragedi kemanusiaan yang telah menghantui dan menyengsarakan umat Islam di berbagai belahan dunia," tambahnya.

Kehadiran AHY pada peringatan Isra Miraj di ponpes yang berdiri sejak 1836 kali ini membawa semangat yang berbeda bagi para santri. "Isra Miraj kali ini dengan kehadiran mas AHY jadi lebih meriah, lebih ramai, dan membawa ilmu lagi yang kita dapatkan," ujar Wildan (17), salah satu santri ponpes Al-Assyariyyah. [fad]

Komentar

x