Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 04:17 WIB

Inilah Awal Mula Rocky Ucapkan 'Kitab Suci Fiksi'

Oleh : Fadhly Zikry | Jumat, 13 April 2018 | 14:47 WIB

Berita Terkait

Inilah Awal Mula Rocky Ucapkan 'Kitab Suci Fiksi'
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat politik Rocky Gerung harus berhadapan dengan kasus hukum setelah mengucapkan 'Kitab Suci merupakan fiksi' dalam acara disusi Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa (10/4/2018) malam lalu.

Awal mula Rocky mengucapkan kalimat tersebut saat dirinya diberikan kesempatan berbicara oleh pemandu acara pada sesi akhir diskusi. Rocky merupakan narasumber penutup yang diberikan kesemoatan berbicara.

Saat itu diskusi ILC mengangkat tema 'Jokowi Prabowo Berbalas Pantun'. Temas tersebut diambil setelah Prabowo berkomentar 'Indonesia Bubar tahun 2030' dan dibalas oleh Jokowi dengan mengatakan 'Pemimpin harus memberi optimisme kepada rakyat'

Saat berbicara Rocky memulai dengan mengomentari tema diskusi.

"Saya mulai ini pelan-pelan, asal usul tema ini fiksi atau fakta itu, dan itu sebetulnya permulaan yang buruk, waktu kita sebut fiksi didalam kepala kita adalah fiktif," kata Rocky dalam diskusi tersebut.

Dia menerangkan Fiksion itu merupakan kata benda yaitu literatur, yaitu kata dia selalu ada pengertian literi, literatur dalam kata fiksi. Tapi karena diucapkan dalam forum politik maka dia dianggap buruk.

"Fiksi itu sangat bagus, dia enegri untuk mengaktifkan imajinasi, itu fiksi tuh, dan kita hidup dalam dunia fiksi lebih banyak daripada dunia relitas, fiksi lawannya realitas bukan fakta, jadi kalau anda bilang itu fiksi lalu kata itu jadi peyoratif, jadi kita tidak menginginkan anak-anak kita tidak lagi baca fiksi," ungkap Rocky.

Dia menambahkan, kata-kata fiksi telah menjadi kata yang buruk sejak menjadi perbincangan publik, yaitu ketika Prabowo mengutip sebuah novel tentang 'Indonesia Bubar 2030".

Lalu barulah Rocky masuk dalam Kitab Suci.

"Kitab Suci fiksi atau bukan, siapa yang berani jawab. Kalau saya pakai defenisi fiksi itu bagian mengaktifkan imajinasi, kitab suci itu adalah fiksi, karena belum selesai, belum tiba itu, babat tanah jawa itu fiksi, anda sebut apa aja itu jadi ada fungsi dari fiksi aktfikan imajinasi menuntun mengaktifkan imajinatif, sekarang dibunuh kata itu tuh, dibunuh politisi, bayangin," ungkapnya.

Kemudian diskusi tersebut berlanjut dengan berbagai interupsi. Rocky pun sempat menjelaskan kata fiksi yang dimaksudnya didalam diskusi tersebut.

Berikut video diskusi tersebut. Rocky mulai berbicara pada waktu 3:23:00 detik. [fad]

Komentar

Embed Widget
x