Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 00:00 WIB
 

Jika Gandeng Cak Imin, Prabowo Berpeluang Menang

Oleh : - | Kamis, 12 April 2018 | 15:33 WIB
Jika Gandeng Cak Imin, Prabowo Berpeluang Menang
Pengamat politik dari Universitas Nasional Jakarta, TB Massa Djafar - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Prabowo Subianto telah menyatakan akan maju di Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Namua ia dan partainya, Gerindra, belum menyebut siapa nama calon yang akan mendampinginya sebagai cawapres.

Pengamat politik dari Universitas Nasional Jakarta, TB Massa Djafar, menyebutkan Prabowo bisa memilih sejumlah nama yang saat ini sudah menyatakan akan maju di pilpres, seperti Muhammad Zainul Majdi alis Tuan Guru Bajang, Muhaimin Iskandar, hingga Jendral (Purn) Gatot Nurmanto atau bahkan Yusril Izha Mahendra.

Jika menggandeng Muhaimin, Prabowo bisa memaksimal suara di Pulau Jawa yang memang selalu bisa menentukan kemenangan, karena dalam Pilpres semua suara nilainya sama. Selain itu, dukungan dari kalangan Nahdliyin bisa menambal kekurangan Prabowo yang dialami pada Pilpres 2014.

"Elektabilitas Prabowo dan Cak Imin memang masih belum naik signifikan, tetapi keduanya memilik potensi suara di Jawa dan bisa meraup dukungan warga NU," kata Massa.

Keduanya sejak beberapa lama juga gencar melakukan sosialisasi di luar Jawa. Sehingga potensi menaikkan elektabilitas juga mungkin terjadi.

"Keduanya kencang melakukan konsolidasi partai di luar Jawa, sehingga tidak menutup kemungkinan potensi dari luar jawa sangat bagus juga," tambah Massa.

Mengenai kecenderungan Cak Imin ke Jokowi, Massa melihat masih 50%. Sebab, dari sinyalemen politik sejumlah elite PKB menyebutkan bahwa jika tak digandeng Jokowi maka PKB akan pindah ke capres lain.

"Pernyataan itu bentuk warning. Selain Jokowi ya capres baru Prabowo. Maka, peluang Cak Imin ke Prabowo juga besar " pungkasnya. [rok]

Komentar

 
Embed Widget

x