Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 17:35 WIB
 

Pekan Ini, Polri Periksa Facebook Indonesia

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 12 April 2018 | 10:43 WIB
Pekan Ini, Polri Periksa Facebook Indonesia
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Polri akan menggagendakan pemeriksaan terhadap Facebook Indonesia pada pekan ini. Pemeriksaan ini terkait dengan kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia.

"Sudah dipersiapkan (pemanggilan), minggu ini," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (12/4/2018).

Iqbal mengatakan meski belum ditemukan indikasi adanya kebocoran data penguna Facebook di Indonesia, pihaknya tetap akan melakukan penyelidikan untuk menelusuri isu ini.

"Saat ini belum ada upaya penyidikan, tapi baru penyelidikan. Kita koordinasi," ujarnya.

Menurut Iqbal, tak ada upaya pemaksaan dalam memanggil pihak Facebook Indonesia. Saat ini pihaknya akan mengkaji dulu apakah ada unsur pidana dalam isu kebocoran data pengguna Facebook di Indonesia.

"Ya kita akan memanggil minggu-minggu ini, kalau nggak salah sudah dipersiapkan oleh Bareskrim," ungkapnya.

"Kita akan kaji dulu, ada perbuatan melawan hukum nggak di sana," imbuhnya.

Penyalahgunaan data pengguna Facebook ternyata lebih buruk dari dugaan semula. Bila sebelumnya ditaksir 50 juta, rupanya mencapai 87 juta dan pengguna Indonesia masuk di dalamnya. Indonesia mengalami kebocoran data pengguna Facebook sebanyak 1.096.666. Angka tersebut membuat Indonesia berada di urutan ketiga setelah Amerika Serikat dan Filipina.

Meski demikian, pihak Facebook mengatakan tidak mengetahui persis data apa saja yang dibocorkan ke Cambridge Analytica. Jumlah pengguna dalam grafik di atas merupakan perkiraan yang dinilai terbaik untuk mencakup angka maksimal dari akun yang terdampak. [rok]

Tags

Komentar

 
Embed Widget

x