Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 05:45 WIB

Ahli Sebut Aset First Travel Bisa Dikembalikan

Oleh : Ivan Setyadi | Rabu, 11 April 2018 | 20:08 WIB

Berita Terkait

Ahli Sebut Aset First Travel Bisa Dikembalikan
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Kelompok Advokasi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Muhammad Novian, menyebut dalam kasus penipuan, harta serta aset yang disita, bisa dikembalikan kepada korban penipuan.

Dalam kasus First Travel, sesuai dakwaan jaksa, para terdakwa yakni Andika Surachman, Annisa dan Kiki Hasibuan didakwa melakukan penipuan terhadap puluhan ribu jamaah umroh First Travel.

"Kalau dia (kasus) penipuan, dikembalikan pada yang berhak," ujar Novian saat dihadirkan sebagai saksi ahli dalam sidang di Pengadilan Negeri Depok, Rabu (11/4/2018).

"Jika harta atau aset tersebut memiliki nilai tambahan seperti NJOP atau bunga, maka kelebihannya akan dikembalikan ke kas negara," sambungnya.

Menurut Novian, korban merupakan salah satu pihak yang berhak menerima aset sesuai jumlah kerugiannya. "Dalam kasus penipuan, mana kala dia telah melaporkan telah ditipu, punya data yang lengkap soal penipuan itu, tentunya orang tersebut salah satunya yang berhak atas uangnya yang telah ditipu pelaku," tandasnya.

Direktur Utama First Travel Andika Surachman, Direktur First Travel Anniesa Hasibuan, dan Kepala Divisi Keuangan First Travel Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki didakwa melakukan penipuan, penggelapan, dan pencucian uang First Travel.

Ketiga petinggi First Travel ini diduga menyamarkan kekayaan hasil tindak pidana. Dalam dakwaan, disebut bahwa dengan mentransfer uang dari rekening perusahaan ke rekening pribadi dan orang lain serta membeli sejumlah barang dan aset.

Sebanyak 63.310 anggota calon jemaah yang hendak menggunakan jasa First Travel dengan total dana Rp905 miliar 'disulap' ketiganya untuk kepentingan pribadi dan menguntungkan orang lain.[jat]

Komentar

Embed Widget
x