Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 18:43 WIB

Saksi Akui Anak Buah Rita Pernah Tawari Jabatan

Oleh : Agus Irawan | Rabu, 11 April 2018 | 20:11 WIB
Saksi Akui Anak Buah Rita Pernah Tawari Jabatan
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Staf Irigasi Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemkab Kukar, Rudi Suryadinata yang dihadirkan sebagai saksi mengatakan kerap kali ditawarkan oleh anak buah Rita Widyasari.

Rudi menyebutkan pada pertengahan tahun 2010 Khairuddin menghubungi dia dan membahas tentang jabatan di dinas pertambangan tetapi tawaran itu ditolaknya.

"Saya pernah dihubungi malam, Khairuddin menawarkan jabatan di dinas pertambangan tapi saya tolak," kata Rudi saat bersaksi di sidang untuk terdakwa Rita Widyasari di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Rabu (11/4/2018).

Khairuddin menjelaskan soal penolakan tawaran jabatan tersebut, karena tidak etis tanpa dengan proses jabatan tersebut.

Selain itu, dia mempertimbangkan soal Kepala dinas, staf dinas di dinas pertimbangan.

Dia menyebutkan, mendapatkan tawaran dari Khairuddin pada 2011, "Saya dipanggil Khairuddin ke Pendopo kantor Bupati.

Ia mengucapkan saat itu sempat ditawarkan sebagai Kepala Seksi Jalan pada Pemkab Kutai Kartanegara, namun dirinya tolak.

Sementara itu, kata dia, pada 2013 pihaknya kembali dipanggil untuk menjabat sebagai Kepala Bidang Bina Marga, menggantikan posisi atasanya.

Lanjutnya, saat itu dianggap bermasalah sehingga harus diganti dan kemudian dirinya sepakat atas perggantian tersebut

Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK mempertanyakan proyek- proyek yang ada di dinas Binas Marga. Tetapi ada proyek yant sudah dipotong jatahnya Rita Widyasari.

Rudi membeberakan rata-rata setiap proywk di di dinas BIma Marga dipotong 6, sampai 10 persen dari nilai proyek dengan tertuang dalam BAP milikinya dan sudah dibenarkan.

"Informasinya dari mereka dipotong sampai 10 persen," imbuhnya.

Diketahui, atas perbuatannya Rita didakwa telah melanggar Pasal 12 huruf b UU Tipikor Korupai nomor 31 Tahun 999 sebagaimana telah diubah dengan UU nonor 20 Tahun 2001 jo Pasal 55 Ayat 1 ke KUHP atau pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP atau pasal 12 B UU Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana sudah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Jo Pasal 64 KUHP. [ton]

Komentar

x