Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 12:43 WIB

Ini Kelebihan dan Kekurangan Paslon Cagub Jatim

Oleh : - | Rabu, 11 April 2018 | 10:46 WIB
Ini Kelebihan dan Kekurangan Paslon Cagub Jatim
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Debat Publik Pertama Pilgub Jatim yang diselenggarakan oleh KPU, Selasa (10/4/2018) malam, masih menjadi perbincangan hangat.

Dengan melihat adu argumen yang beberapa kali terjadi, baik antar Cagub maupun Cawagub, bagaimana pendapat dari akademisi?

Pakar komunikasi politik asal Unair, Suko Widodo, berpendapat bahwa dari debat yang dilaksanakan di Dyandra Conventional Expo tersebut, masing-masing pasangan calon memiliki kekurangan dan kelebihan.

Pasangan urut nomor 1, Khofifah-Emil Dardak misalnya. Menurut Suko, keduanya memiliki keunggulan dalam penguasaan data. "Dalam paparannya mereka menyertakan data yang lebih akurat dan lengkap. Ini menunjukkan adanya penguasaan materi yang baik," katanya, Rabu (11/4/2018).

"Hanya saja, paslon nomor 1 kurang bisa mengelola waktu dalam menyampaikan paparannya. Juga sempat terpancing emosi ketika berdebat," jelas Doktor lulusan Unair tersebut lebih lanjut.

Bagaimana dengan pasangan calon nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur? Tidak jauh berbeda, menurut Suko kelebihan dan kekurangan dari pasangan yang diusung oleh PKB-PDIP-Gerindra-PKS ini juga cukup berimbang.

"Paslon nomor dua mampu memberikan dengan gaya komunikasi kebanyakan. Ini berarti apa yang mereka sampaikan dapat dengan mudah diterima khalayak umum. Sayangnya, paparan keduanya kurang dilengkapi data valid," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

x