Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 00:25 WIB
 

Khofifah-Gus Ipul Sepakat Penguatan Gapoktan

Oleh : - | Rabu, 11 April 2018 | 00:02 WIB
Khofifah-Gus Ipul Sepakat Penguatan Gapoktan
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Sektor pertanian nampaknya memang menjadi permasalahan yang membutuhkan sentuhan cepat dan tepat dari pemerintah.

Pasalnya, sektor tersebut diharapkan mampu menuntaskan tingkat kemiskinan di pedesaan yang mencapai 15.58 persen.

Ketimpangan ekonomi yang terjadi secara luas di wilayah pedesaan juga diharapkan bisa tuntas melalui sektor pertanian.

Untuk itu, pada Debat Publik Pertama Pilgub Jatim 2018 yang diselenggarakan KPU pada hari Selasa (10/4/2018), kedua pasangan calon sepakat bahwa penguatan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) adalah solusi untuk memperkuat sektor pertanian.

Cagub dengan nomor urut satu, Khofifah Indar Parawansa misalnya. Ia memandang bahwa berkaca dengan kunjungannya ke Kab. Jombang, kondisi sulit yang dialami para petani membutuhkan penyelesaian dengan segera.

"Dari segi pupuk saja misalnya, seringkali yang mereka butuhkan justru tidak tersedia di pasar. Nah ini berarti butuh penguatan Gapoktannya," kata Khofifah.

"Kalau Gapoktannya kuat, maka petaninya akan sejahtera," tambah wanita yang pernah menjabat sebagai Menteri Sosial tersebut.

Senada, Cagub dengan nomor urut dua Saifullah Yusuf pun sepakat dengan pendapat dari kompetitornya tersebut.

"Saya setuju soal Gapoktan. Memang untuk menyelesaikan masalah pertanian ini adalah Gapoktan," kata pria yang akrab disapa Gus Ipul tersebut.

Sebagai informasi, Selasa (10/4/2018), KPU Jatim telah menggelar debat publik pertama antar Paslon Pilgub Jatim sebagai salah satu program kampanye dengan menggunakan anggaran negara. Acara tersebut sendiri digelar di Dyandra Convention Expo-Surabaya.[beritajatim]

Komentar

 
Embed Widget

x