Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 10:26 WIB

Gus Ipul Janji Lanjutkan Program Madin Plus

Selasa, 10 April 2018 | 22:09 WIB

Berita Terkait

Gus Ipul Janji Lanjutkan Program Madin Plus
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Calon gubernur Jatim nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menegaskan, dirinya bersama Puti Guntur Soekarno akan mendukung keberlanjutan program madrasah diniyah (madin) untuk menambah pendidikan agama di sekolah umum.

"Ada tiga kuncinya. Tapi saya sebut dua. Yakni, pertama, penanaman akidah dan ditanamkan sebagai orang Indonesia. Kedua, pendidikan karakter. Ke depan, harus dilanjutkan. Dampaknya bagus sekali memback up mereka yang sekolah formal," kata Gus Ipul ketika menjawab pertanyaan dari panelis Debat Publik Pilgub Jatim di Dyandra Convention Hall, Selasa (10/4/2018).

Gus Ipul menambahkan, ada sebanyak 10 ribu guru madin yang disekolahkan sarjana (S1). Fasilitas didukung secara bertahap.

Puti Soekarno menambahkan, Gus Ipul sudah pengalaman dua kali sebagai Wagub Jatim. Beasiswa santri ke luar negeri akan dilanjutkan.

Sebagai calon gubernur Jawa Timur dengan latar belakang pesantren yang kuat, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akan menjadikan pendidikan madrasah diniyah (madin) sebagai salah satu prioritas utama dalam program-programnya.

Bahkan, keberpihakan pada pendidikan akhlak sudah dia tunjukkan selama hampir 10 tahun mendampingi Pakde Karwo. Duet Pakde Karwo-Gus Ipul selama dua periode berhasil menyalurkan ratusan miliar dana pendidikan pada madin-madin di pelosok-pelosok Jatim.

Karena itu, Gus Ipul tak akan pernah menganaktirikan madin. Begitu pula dalam pencalonannya bersama calon wakil gubernur Puti Guntur Soekarno, Madin akan kembali menjadi prioritas utama. Bahkan, dibuatkan nama program khusus. Yakni, Madin Plus.

Kata 'plus' dibubuhkan di belakang madin karena program tersebut sudah dijalankan sebelumnya. Selama dua periode bersama Pakde Karwo, Gus Ipul sudah mengucurkan Bantuan Operasional Sekolah Daerah Madrasah Diniyah (Bosda Madin) dan beasiswa bagi hafidz serta hafidzoh. "Kami akan lanjutkan dan tingkatkan dengan program Madin Plus," tegasnya.

Melalui program Madin Plus, Gus Ipul-Mbak Puti akan memperluas jangkauan penerima dan memasukkannya sebagai bantuan keuangan yang bisa diberikan secara rutin setiap tahun. "Ini bagian dari meneruskan warisan dan pesan para ulama dan kiai," pungkasnya.[beritajatim]

Komentar

x