Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 18:17 WIB

KPK Tak Pernah Usulkan Kepala Daerah Dipilih DPRD

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 10 April 2018 | 15:51 WIB
KPK Tak Pernah Usulkan Kepala Daerah Dipilih DPRD
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membantah mengusulkan agar pemilihan kepala daerah (Pilkada) kembali dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) masing-masing wilayah.

Saat ini muncul wacana agar sistem Pilkada secara langsung dipilih rakyat diganti lewat DPRD.

"Kami tegaskan hal tersebut tidak benar. KPK tidak pernah menyimpulkan apalagi mengusulkan agar kepala daerah dipilih oleh DPRD," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi lewat pesan singkat, Selasa (10/4/2018).

Febri meminta semua pihak untuk tidak mengambinghitamkan sistem Pilkada langsung yang dipilih rakyat menyebabkan korupsi dan membutuhkan biaya tinggi.

"Korupsi dapat terjadi saat kepala daerah dipilih oleh DPRD ataupun dipilih oleh rakyat secara langsung," tuturnya.

Menurut Febri, bila biaya tinggi kontestasi Pilkada yang menjadi permasalahan tentu itu yang harus dipikirkan partai politik, bukan justru memilih kembali ke belakang dengan mengembalikan pemilihan pemimpin daerah ke DPRD masing-masing.

Febri melanjutkan dalam setiap kasus yang melibatkan anggota DPRD, pihaknya telah membuktikan bahwa kewenangan pembentukan regulasi, anggaran dan bahkan pengawasan diselewengkan dengan imbalan sejumlah uang.

"Apalagi saat ini, sekitar 122 anggota DPRD telah diproses KPK dalam kasus korupsi," tandasnya.[jat]

Komentar

x