Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 16 Oktober 2018 | 07:55 WIB

Sidang Abun, Saksi Singgung Demokrat

Oleh : Ray Muhammad | Selasa, 10 April 2018 | 15:42 WIB

Berita Terkait

Sidang Abun, Saksi Singgung Demokrat
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu saksi pada sidang kasus penerimaan gratifikasi dan suap dengan terdakwa Herry Susanto Gun alias Abun menjelaskan proses penijauan lapangan ke Desa Kupang Baru, Kecamatan Muara Kaman dalam rangka perizinan perkebunan kelapa sawit pada tahun 2010.

Saksi yang bernama A Faizal Nur Alam Sosang ini menuturkan, proses survei ini merupakan kelanjutan dari rapat soal izin lokasi perkebunan sawit pada 25 Juni 2010. Hasilnya, PT Manulife dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Sementara itu, PT Madu dan PT Sawit Golden Prima (SGP) dinyatakan memenuhi syarat namun dengan catatan harus melengkapi dokumen pendukung.

PNS di bagian hukum Sekretariat Daerah Kukar ini menambahkan, tim survei berangkat ke Desa Kupang Baru, berangkat pada pukul 08.00 WITA dengan menumpangi speed boat milik Pemda ke Kecamatan Muara Kaman.

"Lanjut menuju ke Desa Kupang Baru. Di Pelabuhan kami disambut oleh warga pendukung PT SGP menggunakan baju putih biru, mereka meneriakkan yel-yel," kata Faizal di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (10/4/2018).

Ia menambahkan, setelah itu dilakukan pertemuan di Balai Pertemuan Desa, pendukung PT Madu masuk ke gedung pertemuan, sementara pendukung PT SGP menunggu di luar.

Majelis hakim lalu menanyakan hasil peninjauan tersebut kepada Faizal.
Ia mengatakan hasil pertemuan ialah adanya dukungan masyarakat yang hadir mendukung PT SGP ada 65 persen, sementara dari PT Madu yakni 35 persen.

Sejurus kemudian, hakim menanyakan pihak yang meminta warga pendukung PT SGP mengenakan baju biru putih. Faizal tak mengetahuinya.

"Yang jelas pendukung PT SGP itu pakai kaos bertuliskan Putra Demokrat. Warga ini dikoordinir oleh Pak Thimotius dan Alex, perwakilan dari PT SGP," katanya.

Setelah itu, jaksa penuntut umum menanyakan kemungkinan Faizal mengenal pengusaha Herry Susanto Gun alias Abun selaku terdakwa dalam perkara ini.

"Saya tahu pas pencalonan tahun 2009-2010 di koran. Beliau calon anggota DPRD Kaltim dari Demokrat," tandas Faizal.[jat]

Komentar

Embed Widget
x