Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 21 Oktober 2018 | 05:41 WIB

Jelang Debat, Khofifah Ziarah Makam Sunan Ampel

Selasa, 10 April 2018 | 14:14 WIB

Berita Terkait

Jelang Debat, Khofifah Ziarah Makam Sunan Ampel
(Foto: beritajatim)

INILAHCOM, Surabaya - Beberapa jam jelang Debat Publik Pertama Pilgub Jatim 2018 yang diselenggarakan KPU, pasangan calon dengan nomor urut 1 Khofifah Indar Parawansa memilih untuk berziarah ke makam Sunan Ampel.

Mengenakan busana muslimah serba putih, Khofifah bersama tim pemenangan serta relawan tiba di kompleks pemakaman Sunan Ampel sekitar pukul 10.00 WIB.

Tanpa menunggu waktu lama, Ia pun langsung bersimpuh di dekat Makam Sunan Ampel yang berada di area tengah kompleks pemakaman. Pada kesempatan tersebut, Khofifah nampak khusyuk bertawassul dan berdoa.

Wanita yang baru saja mundur dari kursi Menteri Sosial demi mengabdi kepada masyarakat Jawa Timur itu pun bertawassul di makam salah satu Wali Songo tersebut selama kurang lebih satu jam.

Sekembalinya dari area utama makam, puluhan warga dan peziarah langsung mendekat dan menyalami mantan Menteri Sosial itu. Tak sedikit yang meminta foto bersama. "Semoga barokah, Bu Khofifah," kata seorang peziarah perempuan.

Khofifah mengaku ziarah ke makam waliyullah dan ulama saleh adalah kegiatan rutin yang dia lakukan sejak lama. Tradisi berziarah didapatkannya dari kebiasaan yang dilakukan oleh para pendahulu kiai dan ulama Nahdlatul Ulama, seperti mantan Ketua Umum Nahdlatul Ulama KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

"Saya saat SMP setiap Kamis sore sepulang sekolah biasanya ke Sunan Ampel terus bermalam di sini sampai besok subuhnya, karena sekolah saya dulu liburnya hari Jumat. Jadi, sebetulnya tradisi ziarah ke Sunan Ampel sejak saya SMP," kata Khofifah usai berdoa.

"Ada juga ijazahnya Gus Dur, antara lain wirid tertentu yang dibaca dengan tawassul Sunan Ampel yang dibaca sebelum tidur, yakni Surat Alfatihah. Jadi, sebetulnya proses yang terbangun secara ruhaniah antara saya pribadi dengan kiai dan tradisi yang dilakukan oleh komunitas saya ziarah ke Sunan Ampel itu semacam kebutuhan spiritual," ujarnya lebih lanjut.

Di sisi lain, Khofifah masih mengaku bahwa Ia tidak melakukan persiapan khusus menghadapi debat publik nanti. Begitu pula soal materi yang akan disampaikannya.

"Biasa saja, biasa saja, tidak ada persiapan khusus," pungkas wanita yang juga pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Wanita era Presiden Gus Dur itu. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x