Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 19:39 WIB
 

Menkes Belum Terima Surat Soal Dokter Terawan

Oleh : Ray Muhammad | Senin, 9 April 2018 | 22:25 WIB
Menkes Belum Terima Surat Soal Dokter Terawan
Menteri Kesehatan Nila F Moeloek - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengaku belum menerima surat resmi soal permintaan rekomendasi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk melakukan penilaian terhadap tindakan terapi yang dilakukan dokter Terawan Agus Putranto.

Adapun permintaan rekomendasi ini dikeluarkan setelah IDI melakukan penundaan pemecatan terhadap Kepala RSPAD Gatot Subroto ini.

"Saya belum mendapat surat resmi. Pertama itu, tapi memang sudah mendengar, bahwa IDI mengatakan akan memberikan namanya Health Technology Assesment (HTA). Penilaian teknologi kesehatan yang di bawah Kemenkes," ujar Nila di area Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

Ia menuturkan bahwa HTA di kementerian kesehatan adalah komite yang nanti diketuai oleh seorang pakar di bidangnya. Adapun HTA Kemenkes bertugas sebagai kendali mutu dan biaya.

"Untuk pemanfaatan dari jaminan kesehatan nasional (JKN). Jadi, misalnya, ada satu teknologi misalnya memang dinilai oleh HTA, apakah ini memang bermanfaat dan biayanya bisa dikendalikan untuk JKN. jadi saya hanya bisa mengatakan itu dulu," katanya.

Adapun HTA ini bisa dilakukan secara profesi atau di rumah sakit. Sehingga HTA ini dilakukan untuk penilaian bahwa teknologi ini memiliki manfaat.

"Bukan selalu harus di Kemenkes. Hanya untuk JKN. Ini sudah ada Perpres dan turunannya Permenkes dan PMK. Kita lihat dulu, apakah komite HTA dari kemenkes berhak untuk, atau apakah tugasnya untuk menilai itu," tandasnya.[jat]

Komentar

x