Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 17:43 WIB
 

Besok, KPK Kumpulkan Peserta Pilkada se-Sumsel

Oleh : - | Senin, 9 April 2018 | 20:20 WIB
Besok, KPK Kumpulkan Peserta Pilkada se-Sumsel
Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Palembang - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan mengumpulkan seluruh calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) serta peserta pilkada dari sembilan kabupaten dan kota di Aula KPU Sumsel di Palembang pada Selasa (10/4).

Pengumpulan seluruh peserta pilkada itu dilakukan untuk mendengarkan pengarahan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan terkait pilkada bersih terbebas dari praktik korupsi, kata Kabag Pemberitaan dan Publikasi KPK, Priharsa Nugraha pada acara diskusi dengan wartawan di Palembang, Senin (9/4).

"Selain memberikan pengarahan dan pembekalan, pada momentum tersebut pihaknya juga akan mengumumkan harta dan kekayaan seluruh kandidat yang akan bertarung dalam pilkada serentak pada 27 Juni 2018," katanya.

Menurut dia, pimpinan KPK berupaya mewujudkan pemilihan kepala daerah yang bersih terbebas dari praktik korupsi dan suap, sehingga tidak ada lagi kepala daerah yang sedang menjabat berurusan dengan lembaga antirasuah itu.

Dalam tahapan pilkada sekarang, kegiatan itu perlu dilakukan, karena secara nasional banyak calon kepala daerah terindikasi melakukan tindak pidana korupsi dan praktik suap, bahkan ada beberapa yang telah ditangkap.

Dalam beberapa bulan terakhir, ada lima calon kepala daerah yang ditangkap terkait korupsi, dari jumlah itu tiga di antaranya calon Bupati Ngada, Jombang, dan calon Bupati Subang. Diduga uang yang diperoleh dengan melanggar hukum itu untuk membiayai pilkada.

"Melalui pengarahan pilkada berintegritas, diharapkan seluruh pasangan calon gubernur, bupati, dan wali kota di Sumatera Selatan dan daerah lainnya dapat menjauhi tindakan yang mengarah kepada praktik korupsi dan suap yang bisa menimbulkan kerugian keuangan negara," ujar Priharsa.[tar]

Komentar

 
Embed Widget

x