Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 26 April 2018 | 23:51 WIB
 

Ahli Sebut Harga Umroh First Travel Tidak Mungkin

Oleh : Ivan Sethyadi | Senin, 9 April 2018 | 18:24 WIB
Ahli Sebut Harga Umroh First Travel Tidak Mungkin
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Depok - Ketua Bidang Hukum Himpunan Penyelenggara Umrah dan Haji (HIMPUH) Haji Budi Riyanto menyebut tidak mungkin perusahaan travel umroh mengadakan promo biaya umroh sepanjang tahun.

Hal itu disampaikan saat Budi memberikan keterangan sebagai ahli dalam sidang lanjutan perkara First Travel di Pengadilan Negeri Depok, Senin (9/4/2018).

"Kalau pergi ke airlines, paling yang promo hanya 5-6 seat. Tidak mungkin promo sepanjang tahun. Apalagi perusahaan mau cari untung," katanya dimuka sidang.

Selain itu, hampir semua perusahaan travel umroh biaya produksinya tidak jauh berbeda. Budi sendiri sudah berkecimpung dalam bisnis umroh dan haji lebih dari 10 tahun.

"Harga pokok produsksinya hampir sama. Hampir 90% sama," ungkapnya.

Biaya umroh yang ditawarkan First Travel sebesar Rp 14,3 juta dianggap sulit dipercaya. "Tidak mungkin. Kalau bintang 4 diatas 20-22juta. Kalau bintang tiga 18-20juta," bebernya.

Seperti diketahui skandal biro perjalanan umrah First Travel ini menetapkan tiga bos First Travel sebagai aktor utamanya. Mereka adalah pasangan suami istri (pasutri) Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan, yang menjabat Direktur Utama First Travel dan Direktur First Travel, serta adik Anniesa yakni Siti Nuraidah Hasibuan alias Kiki, yang menjabat Komisaris Utama Kepala Divisi Keuangan First Travel.

Ketiganya didakwa dan dijerat pasal penipuan, penggelapan dana, serta tindak pidana pencucian uang, yang ancaman hukumannya hingga 20 tahun penjara. Karena perbuatan mereka diketahui sebanyak 63.310 calon jemaah umrah First Travel dari seluruh Indonesia. [rok]

Komentar

 
Embed Widget

x