Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 April 2018 | 08:09 WIB
 

Marak Miras Oplosan, Polri Akan Galakkan Razia

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Senin, 9 April 2018 | 16:32 WIB
Marak Miras Oplosan, Polri Akan Galakkan Razia
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Dalam dua pekan ini, sejumlah warga di beberapa daerah tewas setelah mengonsumsi (minuman keras) miras oplosan. Polri mengaku akan segera menggelar razia berkala di seluruh daerah.

"Oleh karena itu, kepolisian sesuai kalender Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) akan melakukan cipta kondisi. Kita akan razia miras," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (9/4/2018).

Iqbal mengatakan pihaknya akan mengerahkan Bhabinkamtibmas di seluruh wilayah. Meski begitu, dukungan dari masyarakat sekitar juga perlu dilakukan untuk menangkal miras oplosan ini. Iqbal juga mengakui terdapat perda yang memperbolehkan konsumsi miras legal.

"Kami juga imbau miras dikonsumsi tidak setiap hari dong," ucap Iqbal.

Iqbal lalu mengimbau kepada masyarakat agar tak mengonsumsi miras jenis apapun karena tak mencerminkan kebudayaan Indonesia.

"Itu kan budaya orang yang kedinginnan, kita kan sudah nggak dingin, panas pakai miras pula jadi emosi belum lagi nge-fly nyupir motor mobil jadi tabrakan," ujarnya.

Iqbal menambahkan, polisi juga meminta agar para orang tua menjaga aktivitas putra-puttinya. Terlebih, untuk anak-anak yang kerap keluar pada malam hari. Menurut Iqbal, peran orang tua cukup sentral dalam mencegah para remaja agar tidak menjadi korban miras oplosan.

"Ini merupakan wake up call bagi kita smua. Seluruh lembaga komponen masyarakat agar memerangi penggunaan miras," tandas Iqbal. [ton]

Komentar

 
Embed Widget

x