Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:36 WIB

Saksi Sebut Tidak Ada Sakit Parah di Tubuh Novanto

Oleh : Agus Iriawan | Senin, 9 April 2018 | 15:49 WIB

Berita Terkait

Saksi Sebut Tidak Ada Sakit Parah di Tubuh Novanto
Setya Novanto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Dokter Spesialis Jantung RS Medika Permata Hijau (RSMPH) Mohammad Toyibi mengatakan setelah menjalani pemeriksaan terhadap Setya Novanto tidak ditemukan sakit yang berat pada tubuh mantan Ketua DPR RI tersebut setelah kecelakaan mobil.

"Saya tahu Pak Novanto sedang bermasalah dengan KPK, tapi saya tidak melihat ada masalah di jantung Novanto, hanya ada luka lecet di bagian tangan kiri saja, dan saya juga tidak tahu status Novanto sebagai tersangka," kata Toyibi saat bersaksi di sidang Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Raya, Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

Toyibi mengaku tidak ada kondisi yang parah atau gawat terhadap Novanto. "Tidak ada yang gawat pada kondisi Pak Novanto dan tidak ada luka memar dibagian dada, hanya lecet saja," ucap Toyibi.

Toyibi mengungkap surat yang diterima dari dokter Bimanesh Sutardjo yakni surat konsultasi dan evaluasi masalah jantung.

"Tidak ada rawat bersama, hanya ada surat dari dokter Bimanesh soal evaluasi jantung dan ada gambar juga terkait konsultasi jantung," terang Toyibi.

Dia menjelaskan, pasien yang mengalami kecelakaan harus diperiksa oleh dokter IGD karena dokter tersebut yang akan menentukan apakah pasien harus dirawat atau tidak.

"Kalau korban kecelakaan harusnya dibawa ke dokter IGD, sebab dokter itu yang akan menentukan apakah pasien nanti dirawat atau tidak, untuk spesialis perlu runjuk ke dokter, contohnya kalau luka patah tulang maka dokter akan konsultasi ke dokter konsultasi ke dokter ortopedi," imbuh dia. [rok]

Komentar

Embed Widget
x