Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 September 2018 | 21:55 WIB

Ada Oknum yang Benturkan IDI dan TNI Soal Terawan

Oleh : Happy Karundeng | Senin, 9 April 2018 | 15:20 WIB

Berita Terkait

Ada Oknum yang Benturkan IDI dan TNI Soal Terawan
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof DR Ilham Oetama Marsis - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof DR Ilham Oetama Marsis mengatakan ada oknum yang sengaja membenturkan IDI dengan TNI Angkatan Darat terkait permasalahan yang menyeret Mayjen TNI dokter Terawan Agus Putranto.

Untuk itu ia menegaskan, ini adalah persoalan PBI IDI dengan pribadi Terawan sebagai dokter anggota IDI, bukan persoalan antar institusi.

"Masalah-masalah ini yang diselesaikan adalah masalah internal PB IDI dengan anggotanya. Siapa anggotanya? Dr Terawan. Bukan kami berhadapan seorang Mayor Jenderal TNI," katanya di Sekretariat PB IDI di Jakarta Pusat, Senin (9/4/2018).

Ia mengaku merasa, PB IDI sengaja dibenturkan dengan TNI AD akibat persoalan tersebut. Padahal, PB IDI dan TNI AD baru saja MoU di bidang bio-terrorism. Selain itu, Marsis juga menyebut permasalahan Terawan sebagai upaya memecah belah IDI.

"Ini upaya untuk memecah belah barisan Ikatan Dokter Indonesia yang tadinya solid untuk berbeda pendapat," sesalnya.

Sebelumnya, surat putusan MKEK terkait Dokter Terwan beredar. Dalam surat yang beredar, berisi pemecatan sementara terhadap Dokter Terawan sebagai anggota IDI berlaku selama 12 bulan, yaitu 26 Februari 2018-25 Februari 2019. Selain diberhentikan sementara, rekomendasi izin praktik Terawan juga dicabut.

Ketua Majelis Kehormatan Etik Kedokteran (MKEK) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prijo Sidipratomo mengungkapkan, pemberhentian sementara dilakukan karena Terawan dianggap melakukan pelanggaran kode etik kedokteran.[jat]

Komentar

x