Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 April 2018 | 11:48 WIB
 

Misbakhun Setuju Pilkada Kembali Lewat DPRD

Oleh : Agus Irawan | Sabtu, 7 April 2018 | 16:20 WIB
Misbakhun Setuju Pilkada Kembali Lewat DPRD
Politikus Partai Golkar, Mukhamad Misbakhun - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Politisi Partai Golkar Mukhamad Misbakhun mengaku setuju dengan wacana pemilihan kepala daerah melalui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Menurutnya ini akan mengembalikan sistem pemilihan tersebut dapat mengurangi politik uang.

"Jadi itu usulan yang bagus, pilihan yang harus dilakukan dengan melihat perkembangan dan dinamika yang ada saat ini terhadap pilkada langsung, seperti bupati, wali kota atau gubernur," kata Misbakhun di Red Top Hotel, Percenongan, Jakarta Pusat, Sabtu (7/4/2018).

Anggota Komisi XI DPR ini menyebutkan bahwa pilkada langsung membutuhkan biaya yang sangat besar, " Karena beban biaya kampanye membuat parpol terpaksa mengeluarkan mahar politik yang tinggi kepada calon - calon kepala daerah yang maju pilkada," jelasnya.

Menurut dia, banyak calon kepala daerah (cakada) yang tidak mempunyai uang besar. Sehingga banyak kepala daerah yang telah terpilih terjerat kasus korupsi.

"Akibatnya para pengusaha dan proyek yang dimainkan, kemudian orang yang membiayai cakada ingin mendapat bagian dan membuat masyarakat menjadi korban," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo dan Ketua DPR Bambang Soesatyo mengusulkan pengembalian pilkada melalui DPRD dengan revisi UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada. [hpy]

Komentar

 
Embed Widget

x