Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 19:45 WIB
 

DPR Harap Koordinasi Penyelenggara Pemilu Intensif

Oleh : - | Sabtu, 7 April 2018 | 00:11 WIB
DPR Harap Koordinasi Penyelenggara Pemilu Intensif
Ketua DPR Bambang Soesatyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan koordinasi antara DPR dengan instansi penyelenggara pemilu perlu diintensifkan baik dengan KPU, Bawaslu, Kementerian Dalam Negeri dan Polri.

"DPR RI ingin pastikan para penyelenggara Pemilu sudah memahami dan memetakan berbagai potensi konflik maupun kerawanan di berbagai daerah dalam menghadapi Pileg dan Pilpres," kata Bamsoet, Jumat (6/4/2018).

Menurut dia, gesekan maupun konflik horizontal bisa jadi tak terhindarkan sehingga harus diantisipasi sedini mungkin. Maka dari itu, perlu ditekankan stabilitas sosial politik agar terjaga dengan baik.

"Semua pihak diimbau tidak menciptakan kegaduhan menjelang Pilkada serentak 2018, Pileg dan Pilpres 2019. Sebab, kondusifitas bangsa sangat penting jangan sampai pesta demokrasi dinodai oleh kerusuhan dan perpecahan bangsa," ujarnya.

Sementara, Bamsoet berpesan kepada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo agar mengkaji lagi penyelenggaraan pilkada langsung yang sudah diterapkan selama ini. Menurut dia, pemerintah harus melihat apakah pilkada langsung membawa manfaat atau mudharat untuk bangsa.

"Kalau memang hasil kajian menyatakan Pilkada langsung lebih banyak membawa mudharat, kita harus terima sebagai sebuah kenyataan. Demokrasi yang berkualitas tidak hanya diukur dari sistem pemilihan langsung," tandasnya. [ton]

Komentar

x