Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 17 November 2018 | 00:08 WIB

Jajaran Polres Batu Diingatkan Soal Pungli

Rabu, 4 April 2018 | 23:44 WIB

Berita Terkait

Jajaran Polres Batu Diingatkan Soal Pungli
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolres Batu, AKBP Budi Hermanto menegaskan bakal menindak tegas jajarannya apabila ada yang mencoba melakukan praktik pungutan liar (pungli) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Kepada seluruh jajaran anggota Polres Batu, kami ingatkan jangan coba-coba lakukan praktik pungutan liar (pungli). Jika terbukti, pasti akan ditindak tegas," kata pria yang akrab disapa Budher, Rabu (4/4/2018).

Mantan Kasat Reskrim Polres Jakarta Selatan itu menjelaskan tidak ada pungutan liar dalam pengurusan SIM, baik itu bikin baru maupun perpanjangan termasuk pembuatan SKCK.

"Yang wajib dibayar kepada negara hanya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak)," ujar mantan Kasudit Resmob Polda Metro Jaya itu.

Ia berharap personel yang bertugas di pelayanan masyarakat mengubah budaya tata pelayanan, yakni tak ada lagi petugas yang tidak ramah kepada masyarakat.

"Misalnya, masyarakat mau pinjam pena ya dilayani bukan malah bilang emang ini tempat peminjam lalu disuruh beli," jelasnya.

Menurut dia, hal tersebut harus menjadi perhatian serius karena Polres Batu menuju Zona Integritas, Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sesuai dengan arahan Kementerian Keuangan.

"Saya mengharapkan tidak ada lagi pungutan-pungutan di luar dari ketentuan wajib, ini juga jadi PR bagi Kasat Lantas yang baru. Sekali lagi, saya akan proses dengan tegas kepada anggota yang masih mencoba bermain-main," tandasnya. [ton]

Komentar

Embed Widget
x