Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 14:24 WIB

BUMN Diharap Jadi Sponsor Cabang Olahraga Nasional

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 2 April 2018 | 22:32 WIB
BUMN Diharap Jadi Sponsor Cabang Olahraga Nasional
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi berharap perusahaan swasta dan BUMN bisa menjadi sponsor dalam cabang olahraga yang ada di Indonesia demi prestasi yang gemilang pada masa yang akan datang.

"Ada pujian sekaligus harapan Pak Presiden (Joko Widodo) terhadap dunia usaha, bahwa bulu tangkis ini betul-betul memberi prestasi karena dukungan swasta luar biasa besar. Beberapa hal dicontohkan tadi termasuk Kevin dari Djarum," kata Imam di Istana Negara, Senin (2/4/2018).

Mestinya, kata Imam, Presiden Jokowi mengharapkan dunia usaha yang lain harus mengambil peran masing-masing cabang olahraga. Karena kalau sudah diambil peran-peran itu, maka soal sponsor, pembinaan, soal fasilitas itu akan terpenuhi dengan baik.

"Kiranya itu menjadi perhatian, tanpa adanya partisipasi, prestasi tidak akan lebih baik di masa-masa datang. Ini tentu stretching dari Bapak Presiden mengingatkan kita semua," ujarnya.

Menurut dia, Presiden Jokowi menginginkan nanti tidak hanya dunia usaha tapi BUMN juga menjadi bapak asuh asuh dari cabang-cabang olahraga di Tanah Air. Tujuannya, ini demi kemajuan prestasi olahraga Indonesia di masa-masa datang.

"Tidak ada pilihan lain kecuali kita ajak mereka-mereka untuk menjadi Bapak Asuh, tentu dengan pendekatan lebih khusus lagi dari pemerintah kepada dunia usaha maupun BUMN itu pasti. Itu jadi penekanan luar biasa dari Bapak Presiden tadi di depan kita bertiga," jelas dia.

Ia menilai dalam konteks pembinaan dan penyiapan infrastruktur memang belum banyak BUMN dan swasta berpartisipasi di cabang olah raga lain, kecuali sponsor insidentil dalam setiap turnamen maupun kompetisi.

"Padahal, yang kita butuhkan adalah penyiapan infrastruktur yang begitu besar, luas, layak, manusiawi, karena disampaikan Kevin tadi, betapa semua disana clubnya menjadi nyaman. Karena semuanya tersedia dengan baik, soal gizi, nutrisi, kesehatan semuanya tersedia dengan baik," katanya.

Nah, kata Imam, kalau semuanya bisa tertangani cabang olahraga terutama yang tidak populer maka banyak prestasi yang akan datang. Tidak hanya bertumpu pada bulu tangkis saja tapi yang lain diharapkan berprestasi seperti bulutangkis.

"Saya kira tidak bisa pemerintah berjalan sendiri, harus didukung semuanya. Tidak ada prestasi tanpa partisipasi. Itu judulnya seperti itu. Bulutangkis ada partisipasi," tandasnya. [ton]

Komentar

x