Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 17:43 WIB

Cawapres Jokowi, Tito Pensiun 4 Tahun Lagi

Oleh : Fadli Zikri | Senin, 2 April 2018 | 14:14 WIB

Berita Terkait

Cawapres Jokowi, Tito Pensiun 4 Tahun Lagi
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nama Kapolri Jenderal Tito Karnavian muncul disebut menjadi Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Jokowi pada Pemilu 2019 mendatang. Munculnya nama Tito disebut oleh mantan Ketua MK Mahfud MD.

Menurut Mahfud, Tito merupakan seorang Jenderal Polisi yang baik dan mempunyai track record yang bagus. Meski Tito belum menanggapi wacana yang dilontarkan Mahfud itu, nama Tito kini sudah terlanjur menjadi perbincangan politik.

Berbicara karier Tito, pria kelahiran Palembang 26 Oktober 1964 itu, merupakan lulusan terbaik Akpol 1987 peraih Adhi Makayasa, perhargaan tertinggi terbaik Akpol.

Lulus sejak 1987, Tito baru akan memasuki usia pensiun pada tahun 2022 mendatang. Tito sendiri sempat berencana ingin pensiun dini dan menikmati hari bersama keluarga. Tito juga pernah menyebut tidak akan masuk kedalam dunia politik.

Tito dilantik menjadi Kapolri pada 13 Juni 2016 oleh Presiden Jokowi. Dia menggantikan posisi Badrodin Haiti. Sebelum menjadi Kapolri, Tito merupakan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sebelum menjabat Kepala BNPT, Tito juga pernah menjadi Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Papua. Karir Tito termasuk cemerlang, dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Densus 88 Antiteror dengan prestasi menumpas teroris Nurdin M Top dan Doktor Azhari.

Bahkan sejak muda, Tito pernah memimpin Tim Kobra yang bertugas menangkap Tommy Soeharto, putra Presiden RI Kedua Soeharto dalam kasus pembunuhan hakim agung Syafiuddin.

Dengan berbagai prestasi itu, bisa saja Tito didapuk menjadi Cawapres Jokowi. Sejak disebut oleh Mahfud MD, Tito belum menanggapi terkait wacana tersebut. [rok]

Komentar

Embed Widget
x