Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 28 Mei 2018 | 16:50 WIB
 

DPR Minta Pemerintah Hentikan Import Ikan Makarel

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 1 April 2018 | 23:32 WIB
DPR Minta Pemerintah Hentikan Import Ikan Makarel
Anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani Chaniago - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR, Irma Suryani Chaniago meminta kepada pemerintah untuk menghentikan import ikan makarel yang diduga mengandung cacing.

"Menurut saya, makanan seperti itu lebih baik tidak dikonsumsi dan eksportnya (yang import) harus dihentikan," kata Irma di Jakarta, Minggu (1/4/2018).

Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem ini mengatakan untuk produk dalam negerinya yang menggunakan bahan baku ikan tersebut, tentu harus dicabut juga izinnya.

"Karena, keberadaan cacing tersebut bukan di bumbu tapi berada di dalam ikan itu sendiri," ujar Ketua DPP NasDem ini.

Menurut dia, langkah itu harus dilakukan untuk tidak membuat kegaduhan karena lebih besar mudarat daripada manfaat. Sehingga, alangkah baiknya Indonesia tidak membiarkan import ikan makarel.

"Cabut izin importnya, kenapa harus ragu-ragu mencabut izin import ikan tersebut? Wong selain tidak menguntungkan Indonesia, produk turunannya justru berbahaya jika dikonsumsi," jelas dia.

Ia mengatakan cacing yang layak dimakan adalah cacing yang tidak memiliki efek samping ketika dikonsumsi, misalnya cacing tanah untuk obat dan cacing sagu.

"Bukan cacing yang ada di makanan kaleng," katanya.

Ia mengatakan menurut penelitian cacing tersebut tidak berbahaya, tapi tetap memiliki efek samping jika memasaknya tidak benar sehingga cacing tersebut tidak benar-benar mati.

"Selain itu, menjijikkan untuk dikonsumsi. Efek sampingnya menurut BPOM bisa alergi dan sakit perut, memang tidak bikin mati yang mengkonsumsi tapi bikin sakit perut atau alergi. Artinya, itu memang tidak layak konsumsi," tandasnya.

Untuk diketahui, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan cacing pada ikan makarel kaleng ini tidak berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar. Menurut dia, cacing justru mengandung protein.

"Setahu saya itu (ikan makarel) kan enggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi atau dimasak lagi. Cacingnya matilah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh saja tapi saya kira kalau sudah dimasak kan saya kira juga steril. Insya Allah enggak kenapa-kenapa," kata Nila.[ris]

Komentar

 
x