Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 22:54 WIB
 

DPR Sesalkan Pernyataan Menkes Soal Ikan Makarel

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Minggu, 1 April 2018 | 22:07 WIB
DPR Sesalkan Pernyataan Menkes Soal Ikan Makarel
Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi IX DPR RI, Irma Suryani Chaniago menyesalkan pernyataan Menteri Kesehatan Nila F Moeloek yang menyebut cacing dalam ikan kalengan memiliki protein.

"Menyesalkan statement Bu Menkes yang terburu-buru, karena makanan kaleng yang mengandung cacing selain menjijikkan dan bisa bikin alergi serta sakit perut, tentu tidak layak konsumsi," kata Irma di Jakarta, Minggu (1/4/2018).

Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem ini mengatakan masih banyak makanan lain yang sehat dan layak untuk masyarakat konsumsi, sehingga tidak bisa dipaksakan agar memakan ikan kaleng tersebut.

"Apalagi 16 produk tersebut import," ujar Ketua DPP Partai NasDem ini.

Maka dari itu, Irma menekankan pihak terkait bahwa import ikan makarel tidak penting untuk diteruskan dan bukan barang yang bermanfaat.

"Tapi justru lebih banyak membawa mudorot karena mengandung cacing, stop saja importnya. Cari jenis ikan lain yang ada di perairan Indonesia, tidak perlu ikan import untuk makanan kaleng kita," tandasnya.

Untuk diketahui, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan cacing pada ikan makarel kaleng ini tidak berbahaya selama makanan itu diolah dengan benar. Menurut dia, cacing justru mengandung protein.

"Setahu saya itu (ikan makarel) kan enggak dimakan mentah, kita kan goreng lagi atau dimasak lagi. Cacingnya matilah. Cacing itu sebenarnya isinya protein, berbagai contoh saja tapi saya kira kalau sudah dimasak kan saya kira juga steril. Insya Allah enggak kenapa-kenapa," kata Nila.[ris]

Komentar

 
Embed Widget

x