Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 15 Desember 2018 | 13:00 WIB

Penerapan Ganjil-Genap Tol Bekasi Efektif

Oleh : Muhamad Yusuf Agam | Jumat, 30 Maret 2018 | 16:32 WIB

Berita Terkait

Penerapan Ganjil-Genap Tol Bekasi Efektif
Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa mengklaim pemberlakuan sistem ganjil-genap di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur berjalan efektif. Menurut dia, arus lalu lintas lancar pada pukul 06.00 - 09.00 Wib ketika sistem itu diterapkan.

"Sekitar 35 persen di jam 06.00 - 09.00 di tol Bekasi Timur dan Barat itu ya. Lancar, lancar banget," ujar Royke saat dihubungi INILAHCOM, Jumat (30/3/2018).

Royke mengatakan kepadatan di dua pintu tol itu memang kerap terjadi sebelum penerapan sistem ganjil-genap ini diberlakukan. Imbas pada penerapan sistem ganjil-genap itu pun tak terlalu signifikan di pintu-pintu tol lain atau jalur arteri.

"Tol Becakayu sepi, masih landai, (jalur arteri) Kalimalang aja ada peningkatan kemudian di pintu-pintu tol lain juga ada peningkatan, tapi juga tidak terlalu signifikan," kata Royke.

Terkait dengan disiapkannya angkutan bus premium dari pemerintah, Royke menyebut saat ini memang belum terlalu efektif. Namun, kata dia, alternatif bus ini menjadi pilihan masyarakat untuk beralih ke moda transportasi umum.

"Nah, itu belum kita hitung (datanya). Mungkin belum signifikan ya, tapi yang jelas pengguna angkutan premium yang disediakan pemerintah meningkat itu. Angkutan umum reguler saya belum punya data (lonjakan penumpang)," ujarnya.

Pemerintah menerapkan kebijakan sistem ganjil-genap di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur mulai Senin (12/3). Pengendara mobil berplat genap diperbolehkan masuk pada dua pintu tol tersebut, begitu juga sebaliknya. Pengendara berplat ganjil diperbolehkan masuk di dua pintu tol tersebut pada tanggal ganjil.

Pemberlakuan sistem ganjil-genap ini dilaksanakan mulai pukul 06.00 - 09.00 WIB. Namun, kebijakan ini tak berlaku untuk libur nasional.

Kebijakan ini menyasar mobil pribadi atau golongan I dan juga mobil angkutan barang atau golongan II. Angkutan barang yang sudah terlanjur masuk dua pintu tol tersebut diminta untuk keluar di pintu tol terdekat atau berhenti di rest area sampai waktu ganjil genap berakhir.

Sementara pengendara yang berplat genap diminta untuk tidak masuk ke jalur tol.[ris]

Komentar

x