Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Juli 2018 | 17:37 WIB
 

Longsor, Polri Belum Tau Kapan Jalur Puncak Dibuka

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Kamis, 29 Maret 2018 | 21:30 WIB
Longsor, Polri Belum Tau Kapan Jalur Puncak Dibuka
Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Cikampek - Kakorlantas Polri, Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan, pihaknya masih belum mengetahui sampai kapan penutupan jalur dan pengalihan arus akibat longsor yang terjadi di Ciloto, Cianjur, Jawa Barat.

Menurut Royke, pihak KemenPU-Pera sedang mengebut untuk membersihkan longsoran tersebut. Jika sudah ada lampu hijau dari KemenPU-Pera, maka jalur akan dibuka.

"Pihak dari KemenPU-Pera masih kebut lembur membersihkan longsoran itu. Saya tidak bisa bicara (kapan dibuka) karena yang memutuskan kelaikan dari pihak PU dan Bina marga," kata Royke di rest area 39 KM Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (29/3/2018).

Royke pun mengimbau agar masyarakat bisa menghindari jalur yang terjadi longsoran tersebut. Pengalihan arus pun dilakukan agar masyarakat tidak melintas.

"Yang arah dari Bogor-Ciawi arah sukabumi dialihkan kalau mau ke Bandung. Kalau dari Jakarta lewat Cibubur-Jonggol kemudian demikian sebaliknya dari Cianjur dan Bandung diputarbalikan ke botol kecap. Jadi tidak sampai puncak pas," jelas Royke.

Royke mengatakan dari hasil laporan jajarannya bahwa situasi jalanan di titik pengalihan arus saat ini terpantau lancar, termasuk tol Jagorawi. Meskipun ruas jalan longsoran ditutup untuk kendaraan roda empat, kendaraan roda dua sudah mulai diperbolehkan melintas.

"Sepeda motor masih bisa lewati. Kalau mobil paling jauh Taman Safari kalau dari arah bogor. Gunung mas kita tutup," ucap Royke.

Royke mengapresiasi kepada masyarakat yang sudah mengetahui informasi mengenai penutupan dan pengalihan arus akibat longsor. Dia juga meminta masyarakat agar tak memaksakan menuju jalan yang saat ini terkena longsoran.

"Saya pikir disana sepi berarti masyarakat mengerti untuk apa lewat sana karena memang ditutup terima kasih masyarakat mengerti itu. Imbauannya jangan memaksakan kalau penutupan jangan diterobos dan patuhi arahan petugas dan rambu-rambu," ujar Royke.[jat]

Tags

Komentar

x