Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 14:10 WIB
 

DPS Pilgub Jatim di Sidoarjo 1.357.216 Suara

Oleh : - | Rabu, 28 Maret 2018 | 19:24 WIB
DPS Pilgub Jatim di Sidoarjo 1.357.216 Suara
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Sidoarjo - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo sudah mengumumkan daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan gubernur 2018, melalui desa-desa yang ada di 18 kecamatan se-Sidoarjo.

Ketua KPU Kabupaten Sidoarjo H. M Zainal Abidin mengatakan pihaknya memastikan, jumlah total DPS saat ini mencapai 1.357.216. Dalam rekap DPS saat ini selisih 7 ribuan jiwa dibandingkan pelaksanan Pilkada sebelumnya.

"Saat ini sudah dilakukan pengumuman DPS yang diletakkan dimasing-masing desa di Kabupaten Sidoarjo," katanya.

Zainal menganjurkan, warga bisa mengecek, apakah nama-namanya sudah terdaftar di DPS atau belum. Jika belum nanti bisa menyampaikannya ke PPS masing-masing,

Selain itu, sambung Zainal, untuk kesiapan DPT pada Pilgub Jatim ini, pihaknya juga terus mensosialisasikan DPT melalui IT. Warga yang hendak mengetahui apakah namanya sudah tercantum atau tidak, tinggal memasukan NIK.

"Jadi, setelah NIK nya dimasukkan maka nama pemilihnya akan muncul. Nah, kalau belum bisa lapor ke PPS setempat," jelasnya menyarankan.

Zainal berharap, warga masyarakat bisa secepatnya melihat daftar pemilihan sementara yang sudah tertera di masing-masing desa. Sehingga warga Kabupaten Sidoarjo bisa menggunakan hak nya untuk memilih calon Gubernur Jawa Timur.

Terpisah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo optimis penyelesaian E-KTP untuk DPT selesai sebelum pelaksanaan Pilgub Jawa Timur.

Hingga saat ini, ada sekitar 97 persen dari 1,3 juta warga di Kabupaten Sidoarjo. "Untuk keperluan DPT, E-KTP nya harus selesai sebelum Juni (pelaksanaan Pilgub Jatim)," jelasnya.

Selama ini, seminggu sekali pihaknya melakukan jemput bola terhadap pembuatan E-KTP warga. "Ya, mungkin warga masih sibuk dengan pekerjaannya. Jadi, kita yang jemput bola ke masing-masing kecamatan," pungkasnya.[beritajatim]

Komentar

x