Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 14:20 WIB

400 Kombes di Mabes Polri Antre Berebut Bintang

Oleh : Muhammad Yusuf Agam | Selasa, 27 Maret 2018 | 21:43 WIB
400 Kombes di Mabes Polri Antre Berebut Bintang
Kapolri Jenderal Tito Karnavian - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian terjadi penumpukan anggota berpangkat Komisaris Besar (Kombes) di institusinya. Ada 400-an Kombes yang saat ini non-job atau tidak mempunyai jabatan struktural.

"Mereka yang lulus sekolah, sudah pangkat kombes, terjadi penumpukan di pangkat kombes. Bottleneck menuju pangkat bintang. Jumlah pangkat bintang nggak banyak," kata Tito, Selasa (27/3/2018).

Tito lalu menjelaskan soal struktur Polri dengan pangkatnya. Ada 9 orang berpangkat Komisaris Jenderal (Komjen), 60 berpangkat Inspektur Jenderal (Irjen) dan 220 berpangkat Brigadir Jenderal (Brigjen).

"Sementara jumlah kombes yang baru keluar, anjak dan lain lain yang sudah selesai sekolah hampir 400 (orang)-an, yang nyari posisi bintang dan lain-lain," jelas Tito.

Tito mengatakan bahwa masalah anggota yang berpangkat Kombes yang akan naik jabatan ke Jenderal bintang satu ini sudah menjadi masalah yang lama sejak dulu.

"Di Akpol misalnya leting 1982 ke bawah, leting 1982 itu letingnya Pak Kapolri Badrodin Haiti cuma 46 orang. Tahun 1983 nambah lagi, tahun 1984 mulai di atas 100 orang lebih. Tahun 1985 sudah mulai hampir 200 (taruna Akpol). Tahun 1986 sampai 1987, angkatan saya juga sampai 197 taruna. Setelah itu berturut-turut, sekarang sudah 300 yang masuk Akpol," jelasnya

Tito lalu menyampaikan beberapa alternatif solusinya yakni dengan memperpanjang masa dinas para anggotanya. Dia lalu mencontohkan sebagai berikut.

"Langkah yang kita lakukan mengerem supaya tidak terjadi bottleneck berlebihan di sana (pangkat kombes). Oleh karena itu dibuatlah keputusan Kapolri untuk perpanjang masa dinas dalam pangkat. Naik kompol tadinya sekian tahun, naik sekian tahun supaya nggak numpuk di kombes," ungkap Tito.

"Nanti kalau sudah kombes, sudah sekolah, semua mau bintang. Oleh karena itu posisi kombes dan bintang kita tambah juga dengan memperbesar struktur. Polda-polda tipe A kita tambah bintangnya. Sekarang dari 34 polda, ada 19 sampai 20 yang bintang dua," imbuh Tito.

Alternatif lain yakni dengan memberikan jabatan kepada perwira menengah Polri untuk ditugaskan di luar institusinya.

"Di Dirjen Perhubungan Darat itu menguntungkan kita juga. (Penempatan) Di luar struktur jadi nggak mengganggu struktur di dalam. Selain jabatan struktural, ada jabatan fungsional. Sudah kita ajukan kepada Menpan RB, Menteri Keuangan supaya disetujui. Kalau sudah disetujui, teman-teman jangan khawatir ngangggur," tandasnya. [ton]

Komentar

x