Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 25 April 2018 | 03:47 WIB
 

Jaksa Curiga 15 Kilo Emas Terkait Suap Bupati Rita

Oleh : Fadli Zikri | Selasa, 27 Maret 2018 | 13:00 WIB
Jaksa Curiga 15 Kilo Emas Terkait Suap Bupati Rita
Rita Widyasari - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Jaksa KPK tetap mencurigai 15 kilo emas batang masih terkait dengan suap .

Meski dibantah oleh saksi Hanny Kristianto, jaksa tetap menilai bahwa jaminan emas batang tersebut masih terkait suap Rp6 miliar untuk sejumlah perizinan usaha Direktur Utama PT Sawit Golden Prima Hery Susanto Gun alias Abun di Kabupaten Kutai Kertanegara.

Hanny Kristianto merupakan General Manager Hotel Golden Season Samarinda.

"Izin kan banyak, sudah beri uang jaminan emas, kan masih ada izin lain," kata Jaksa kepada saksi Hanny di Pengadilan Tipikor, Jl. Bungur Besar, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2018).

Hanny menegaskan 15 batang emas tersebut merupakan jaminan Rita untuk mendapatkan pinjaman uang untuk membeli rumah.

"Emas itu saya (Rita) butuh beli rumah, jaminannya ini (emas batang). Menurut saya kalau mau urus izin, ngapain (Rita) kasih emas, kan rugi," kata Hanny.

Jaksa menduga jaminan emas untuk mendapatkan uang tersebut masih berkaitan dengan izin. "Bukan jual beli emas, melainkan urus izin-izin perusahaannya di Kutai," ujar Jaksa.

Sebelumnya Hanny menyebut bahwa Rita memberikan jaminan 15 batang emas seberat 15 kilo untuk mendapatkan pinjaman uang senilai Rp6 miliar.

(Baca juga: Bupati Rita Didakwa Terima Gratifikasi Rp469 M)

Uang tersebut digunakan untuk membeli sebuah rumah. Menurut Hanny, uang tersebut ditransfer ke rekening bank Mandiri atas nama Nauval. [rok]

Komentar

 
Embed Widget

x