Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 04:36 WIB

Curi Uang Kotak Amal, Kuli Batu Diciduk

Oleh : Happy Karundeng | Sabtu, 17 Maret 2018 | 22:05 WIB

Berita Terkait

Curi Uang Kotak Amal, Kuli Batu Diciduk
(Foto: Beritajatim)

INILAHCOM, Jombang - Kepala Sub Bagian Humas Polres Jombang Iptu Sarwiaji mengatakan petugas Polsek Diwek, Jombang mengamankan WS alias Wawan (30), karena tertangkap basah mencuri uang dari kotak amal Musala Al Ikhlas Desa Jatipelem, Kecamatan Diwek, Sabtu (17/3/2018).

"Selain menangkap pelaku, kami juga menyita sejumlah barang bukti. Diantaranya, kotak amal yang terbuat dari pelat besi serta uang sebesar Rp 792 ribu," katanya di Jombang.

Sarwiaji mengatakan, kejahatan yang dilakukan kuli batu ini dilakukan pada Sabtu dini hari sekitar pukul 3.30 WIB. Saat itu, Wawan mengendarai sepeda motor nopol AG 4184 UQ. Dia kemudian mampir di Musala yang sedang sepi itu.

"Bukannya menjalankan ibadah, namun pelaku justru mencari kesempatan. Nah, ketika mengetahui kondisi sepi, Wawan mengeluarkan besi frser untuk menjebol gembok yang terpasang di kotak amal. Seketika pintu kotak amal yang terbuat dari pelat besi terbuka," bebernya.

Selanjutnya, uang yang ada di kotak amal tersebut ia pindahkan ke dalam tas yang sudah disiapkan oleh Wawan.

"Pelaku tidak menyadari bahwa aksinya diintai oleh warga. Ketika hendak meninggalkan lokasi, warga langsung menangkapnya," ujarnya.

Wawan kemudian digelandang ke kantor polisi untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. Barang bukti yang ikut diamankan meliputi kotak amal terbuat dari pelat besi, satu buah besi fraser, satu sepeda motor Honda Supra AG 4184 UQ, tas warna biru, serta kunci gembok.

"Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 (1) ke 3e dan 5e KUHP tentang pencurian," pungkasnya. [beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x