Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 17:09 WIB

KPK: Anggota DPRD Cirebon Belum Lapor LHKPN

Oleh : Fadhly Zikry | Rabu, 14 Maret 2018 | 21:10 WIB

Berita Terkait

KPK: Anggota DPRD Cirebon Belum Lapor LHKPN
Gedung DPRD Kota Cirebon - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Semua anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cirebon, Jawa Barat, belum melaporkan harta kekayaannya melalui LHKPN.

"Dari data kami anggota DPRD Kota Cirebon dari 32 orang belum ada satu pun yang melaporkan," kata Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Pencegahan KPK, Asep Rahmat Suwandha di Cirebon, rabu (14/3/2018).

Asep mengatakan semua penyelenggara pemerintahan wajib melaporkan harta kekayaannya ke KPK melalui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

Kewajiban untuk melaporkan harta kekayaan bagi penyelenggara negara berdasarkan UU nomor 28 tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Selain anggota DPRD ada juga 69 pejabat di lingkup Pemkot Cirebon yang waijb lapor, baru tiga orang yang sudah melaporkan harta kekayaannya ke komosi anti rasuah itu.

"Bukan hanya anggota DPRD, tapi pejabat di Kota Cirebon juga belum ada yang lapor, dari data kami baru ada tiga dari 69 orang," tuturnya.

KPK memberikan waktu dua minggu kepada 32 anggota DPRD Kota Cirebon dan 66 pejabat di lingkup Pemkot Cirebon untuk melaporkan harta kekayaannya ke KPK melalui LHKPN.

"Tidak ada sanksi pidana, tapi hanya ada sanksi perdata dan yang bisa memberikan sanksi hanya pimpinan dari penyelanggara itu sendiri," tuturnya.

KPK berharap Pjs Walikota Cirebon dapat memberikan sanksi kepada pejabat negara di lingkup Pemkot Cirebon yang tidak melaporkan harta kekayaannya. [tar]

Komentar

x