Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 05:08 WIB

TNI Sebar Buku Khutbah Jumat ke Masjid di Jember

Selasa, 13 Maret 2018 | 16:36 WIB

Berita Terkait

TNI Sebar Buku Khutbah Jumat ke Masjid di Jember
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jember - Komando Distrik Militer 0824 mendistribusikan ribuan buku berjudul '57 Khutbah Jumat: Runut Logika Agama yang Terpadu dengan Kebangsaan dan Sentuhan Doa' untuk ribuan masjid di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"Kami distribusikan ke seluruh Babinsa (Bintara Pembina Desa) di Jember. Nanti seluruh babinsa akan membagi ke takmir masjid. Kami sudah data di Jember ini ada 2.018 masjid. Harapannya nanti masjid dapat buku itu dan babinsa juga dapat buku itu sebagai kontrol," kata Komandan Kodim 0824 Letnan Kolonel Arif.

Arif berharap bisa menguatkan nilai-nilai Pancasila di masyarakat dengan pendekatan agama. "Jadi ada sinkronisasi antara nilai-nilai Pancasila dan agama. Pancasila adalah dasar etika moral dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Arif berkeyakinan, penguatan Pancasila harus dimulai dari akar rumput. "Membangun negeri tidak dari kota, tapi dari pinggiran, dari desa, sehingga kita menyentuh Pancasila langsung dari desa. Di desa, instrumen terdekat adalah babinsa. Oleh karenanya babinsa kami berdayakan agar bersinergi dengan bhabinkamtibmas dan kepaal desa untuk penguatan Pancasila," katanya.

Buku tersebut merupakan terbitan lembaga Islam Integral yang dipimpin Ali Assegaf. Dalam sinopsisnya tertulis: ide pembuatan buku ini bermula dari keprihatinan terhadap banyaknya kajian agama tanpa menyertakan wacana bangsa, wacana Pancasila di dalamnya, begitu pun sebaliknya.

"Saya melihat Islam melahirkan nilai-nilai Pancasila dan dalam Islam ada media salat Jumat. Kita tidak ingin salat Jumat menjadi tempat yang justru tidak mengenalkan fungsi negeri dan Pancasila. Selama ini saya lihat nilai dalam Islam dan Pancasila sering dibuat tidak sinkron," kata Ali Assegaf.

"Buku ini menyinkronkannya, sehingga orang tidak cenderung memaksakan (benturan) Pancasila dan Islam. Buku ini kami harapkan sampai ke takmir masjid. Kami berterima kasih TNI mendistribusikannya," kata Assegaf.[beritajatim]

Komentar

Embed Widget
x