Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 Juni 2018 | 12:10 WIB
 

MK Persilahkan Jokowi Pilih Pengganti Hakim Maria

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Selasa, 13 Maret 2018 | 15:46 WIB
MK Persilahkan Jokowi Pilih Pengganti Hakim Maria
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Arief Hidayat menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menentukan kriteria pengganti hakim Maria Indrati yang akan habis masa jabatannya pada bulan Agustus 2018.

"Ya mungkin presiden punya pertimbangan, kalau yang digantikan unsur perempuan ya mungkin mau diisi perempuan lagi juga terserah presiden," kata Arief di Istana Negara, Selasa (13/3/2018).

Arief mengaku tidak bisa mendorong siapa yang akan menggantikan Maria, karena itu merupakan kewenangan dari lembaga pengusulnya sehingga Mahkamah Konstitusi tidak bisa meminta kepada Presiden Jokowi supaya perempuan pengganti Maria.

"Jadi kita tidak bisa drive, misalnya minta presiden ini harus perempuan lagi atau kita minta apalagi, gak bisa," ujarnya.

Yang penting, kata Arief, hakim yang terpilih menggantikan Maria adalah hakim yang paham betul mengenai ideologi negara Pancasila dan paham betul dengan konstitusi.

"Itu yang penting dan mempunyai kompetensi di bidang ketatanegaraan dan bidang konstitusi yang luas itu, karena MK ternyata bukan hanya peradilan politik," jelasnya.

Ia menilai perkara yang masuk ke MK dalam pengujian Undang-undang itu dari berbagai kehidupan bernegara, misalnya ada perkara politik, ekonomi, peternakan, perikanan sampai perkara budaya dan agama.

"Sehingga kita bisa lihat MK itu Bisa mendrive ke arah mana kehidupan bernegara Indonesia, maka hakim MK memang harus hakim yang punya kemampuan luar biasa," tandasnya.[jat]

Komentar

 
x