Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 21:23 WIB
 

Wiranto Minta Tunda Kasus Cakada, Ini Respon KPK

Oleh : Agus Irawan | Selasa, 13 Maret 2018 | 12:20 WIB
Wiranto Minta Tunda Kasus Cakada, Ini Respon KPK
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang mengatakan, permintaan Menko Polhukam Wiranto agar KPK menunda proses hukum terhadap para calon kepala daerah (Cakada) yang terlibat korupsi tidak tepat.

"Kalai soal tunda-tunda tersangka kalau sementara itu pilihan kita memaafkan, tapi itu tidak elegan dari sisi penegakan hukum, karena hukum tidak memandang siapapun," kata Saut saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (13/3/2018).

Saut menegaskan penegakan hukum harus bersikap tegas karena berimbas pada indeks persepsi korupsi. Pemilihan umum yang bersih juga sangat mempengaruhi hal tersebut.

Ia menanambahkan Indonesia dalam menegakkan hukum menjadi perhatian dunia, terutama yang terkait dengan korupsi karena berdampak luas.

"Kenapa kita mendapat indeks persepsi korupsi 37 atau hanya berjalan di tempat hal itu dipengaruhi oleh bagaimana Indonesia menjalani demokrasi lewat pemilihan umum," ujarnya.

Sebelumnya Wiranto meminta KPK menunda proses hukum calon kepada daerah, dengan alasan akan berpengaruh pada penyelenggaraan pemilu.

"Kalau belum ditetapkan calon atau paslon silahkan saja KPK melakulan langkah-langkah hukum, tetapi kalau sudah ditetapkan sebagia paslon kita harapkan ditunda dulu, baik sebagai pengajuan saksi atau pengajuan tersangka," kata Wiranto Senin (12/3/2018) kemarin. [fad]

Komentar

 
x