Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 11:02 WIB

Jokowi-AHY Sulit, PPP Pilih Cawapres dari Santri

Oleh : Ivan Setyadi | Selasa, 13 Maret 2018 | 06:12 WIB

Berita Terkait

Jokowi-AHY Sulit, PPP Pilih Cawapres dari Santri
Wakil Ketua Umum PPP, Arwani Thomafi - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Duet capres cawapres Jokowi-AHY tampaknya tak akan berjalan mulus. Halangan, bakal datang dari dalam maupun luar pendukung Jokowi.

Jika bergabung bersama Jokowi, AHY dan Demokrat yang datang belakangan harus bersaing dengan sejumlah parpol yang sudah dulu mendukung Jokowi.

Ditambah, sederet parpol pendukung Jokowi juga sudah menyiapkan jagoannya untuk menemani Jokowi menghadapi gelaran pilpres 2019 mendatang.

PPP misalnya, sudah mematok syarat jika mau menjadi cawapres Jokowi."Kami fokus di poros Jokowi-santri," kata Wakil Ketua Umum PPP, Arwani Thomafi kepada INILAHCOM, Senin (12/3/2018).

Meski tak menyebut nama jelas, PPP diketahui sejak lama berharap Ketua Umum-nya, Romahurmuziy didapuk untuk mendampingi Jokowi di pilpres nanti.

Duet Jokowi-santri, tampaknya sudah menjadi harga mati bagi PPP. Jika nanti ada partai yang tak sejalan dengan PPP dalam koalisi Jokowi, Arwani tak masalah jika nanti ada poros baru.

"Kami menghormati dan siap menyambut jika ada yang mau bikin poros baru," ungkapnya.

Namun begitu, keputusan akhir soal siapa cawapres, tentu ada di Jokowi. Meski nantinya parpol pendukung punya andil dalam menggodok nama-nama yang pantas jadi cawapres Jokowi.

"Kalau Partai Demokrat mendukung Jokowi, tentu punya hak untuk ikut membahas bersama semua parpol pendukung," tandasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sinyal untuk mendukung Presiden RI Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. Hal itu disampaikan Presiden RI ke-6 dalam pidatonya kala membuka Rapimnas Partai Demokrat 2018 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018).

"Pak Presiden ( Jokowi). Jika Allah menakdirkan, senang partai Demokrat bisa berjuang bersama bapak," kata SBY.

Dengan pernyataan itu, skema duet Jokowi-AHY pun mencuat. Keduanya juga tampak akrab saat membuka secara resmi acara Rapimnas Demokrat tersebut.[van].

Komentar

x