Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Juli 2018 | 08:15 WIB
 

Tol Ganjil Genap Akan Diterapkan di Jabodetabek

Oleh : Ahmad Farhan Faris | Senin, 12 Maret 2018 | 22:26 WIB
Tol Ganjil Genap Akan Diterapkan di Jabodetabek
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Bogor - Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan memperluas wilayah uji coba penerapan sistem ganjil genap setelah di Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur.

"Kita juga akan memberlakukan ini di Bogor, Depok dan Tangerang dengan skema kombinasi yang mungkin tidak terlalu sama," kata Budi di Istana Kepresidenan Bogor, Senin (12/3/2018).

Menurut dia, uji coba ini untuk melakukan suatu 'law enforcement' guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat dari segi kelancaran lalu lintas. Selain itu, pemerintah ingin melakukan maping atau riset ditengah ada pembangunan proyek di jalan tol tersebut.

"Jadi ada dua, memang pembangunan ini mendorong melakukan itu, kita ingin melakukan maping, melakukan suatu riset termasuk nanti kalau ada alternatif jalan-jalan seperti apa itu risetnya," ujarnya.

Ia mengatakan apabila risetnya dinilai sudah cukup, maka uji coba tersebut tidak perlu dilanjutkan. Tetapi, jika risetnya menyebut kebijakan ini dapat mendorong masyarakat beralih ke angkutan umum, maka kebijakan ini akan dilanjutkan.

"Kita kan mengedukasi masyarakat ini bertahap, tidak bisa kita pressing langsung. Bisa minimal satu tahun (pemberlakuannya), evaluasi nanti satu bulan kita evaluasi," jelas dia.

Jadi, kata dia, uji coba penerapan sistem ganjil genap bisa diterapkan di daerah selain Tol Bekasi Barat dan Bekasi Timur yakni seluruh Jabodetabek. "Iya akan ada," tandasnya.[jat]

Komentar

x