Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 07:24 WIB

Megawati Hambatan Utama Skema Jokowi-AHY

Oleh : Happy Karundeng | Senin, 12 Maret 2018 | 04:05 WIB

Berita Terkait

Megawati Hambatan Utama Skema Jokowi-AHY
Megawati Soekarno Putri - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Analis Politik UNJ Ubedillah Badrun menilai bisa saja skenario Joko Widodo-Agus Harimurti Yudhoyono (Jokowi-AHY) di Pilpres 2019 dimainkan. Tapi skenario ini akan menghadapi satu-satunya halangan terbesar.

"Hambatan terbesarnya ada pada buntunya komunikasi antara SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) dengan Megawati," katanya kepada INILAHCOM, Minggu (11/3/2018).

Ia menjelaskan jika memang Partai Demokrat ingin mendekatkan diri ke koalisi pendukung Jokowi dengan membawa skema Jokowi-AHY, Ketua Umum Partai Demokrat SBY harus berupaya mencairkan komunikasi dengan putri Sang Proklamator.

"Jadi kuncinya ada di soal bagaimana SBY mencairkan kebekuan komunikasi dengan Megawati. Jika keduanya sudah cair maka jalan koalisi dan pencawapresan AHY berpasanhan dengan Jokowi adalah hal mudah," ulasnya.

Diketahui sebelumnya, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sinyal untuk mendukung Presiden RI Joko Widodo pada Pilpres 2019 mendatang. Hal itu disampaikan Presiden RI ke-6 dalam pidatonya kala membuka Rapimnas Partai Demokrat 2018 di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (10/3/2018).

"Pak Presiden ( Jokowi). Jika Allah menakdirkan, senang partai Demokrat bisa berjuang bersama bapak," kata SBY.

Ia menyatakan Presiden Jokowi perlu tahu pengalamannya memenangkan Pilpres berturut-turut selama dua periode pada 2004 dan 2009 lalu.

"Tentu bapak sangat memahami sebagaimana pengalaman saya dalam Pilpres 2004 dan 2009," ujarnya. [hpy]

Komentar

Embed Widget
x