Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 Juni 2018 | 01:43 WIB
 

Jokowi belum Rencana Naikkan Anggaran Padat Karya

Oleh : Ray Muhammad | Minggu, 11 Maret 2018 | 21:19 WIB
Jokowi belum Rencana Naikkan Anggaran Padat Karya
Presiden Joko Widodo (Jokowi) - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Cirebon - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah belum berencana menaikkan anggaran untuk program Padat Karya Tunai di daerah pada tahun ini.

Adapun sepanjang 2018, pemerintah mengalokasikan sekitar Rp18 triliun atau 30 persen dari anggaran dana desa yang sebesar Rp60 triliun untuk program ini.

"Nggak (dinaikan anggarannya). Kami lihat dulu. Kan, di seluruh Indonesia ada kurang lebih sekitar 5000 lokasi. Itu untuk Kementerian PUPR saja. Kita belum bicara Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungam dan Kementerian BUMN," kata Jokowi saat meninjau pelaksanaan Program Padat Karya Provinsi Jawa Barat di Desa Kempek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018).

Ia pun mengharapkan seluruh kementerian terlibat dalam pelaksanaan program ini. Kepala Negara tak menampik kemungkinan anggaran usai dilakukan evaluasi pelaksanaannya.

"Kalau ini memang memberikan efek kenaikan konsumsi, memberikan efek untuk perbaikan-perbaikan jalan produksi, irigasi dan memperbaiki daya beli, kami tingkatkan lagi (anggarannya). Ini kan, baru mulai 1,5 bulan. Nanti dievaluasi setelah tiga bulan," tandasnya.

Jokowi menambahkan, pelaksanaan program ini melibatkan 105 warga. Upah untuk tukang dibayar senilai Rp100.000 dan pembantu tukang dibayar Rp80.000 setiap minggunya. [fad]

Tags

Komentar

 
x