Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 21:33 WIB

Ridwan Kamil: Depok Punya Banyak Potensi Wisata

Oleh : Ajat M Fajar | Sabtu, 10 Maret 2018 | 20:04 WIB

Berita Terkait

Ridwan Kamil: Depok Punya Banyak Potensi Wisata
Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Depok - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, yang kini menjadi calon gubernur (balongub) Jawa Barat, menuturkan banyaknya potensi sumber daya alam dan manusia di Kota Depok yang belum tergarap dan dikembangkan secara baik.

Salah satunya kata pria yang akrab dengan sapaan Kang Emil itu ialah danau atau situ yang ada di wilayah ini.

"Depok adalah kota yang paling banyak dananunya, program yang paling nyata untuk dikembangkan adalah pariwisata. Depok punya banyak tempat keren tapi karena belum "dimasak" (dikembangkan,red) dengan baik," kata Emil saat makan siang bersama relawan dan wartawan di Mall Margonda City, Depok, Sabtu (10/3/2018).

Menurut dia, sangat mungkin potensi alam di Depok dapat dimanfaatkan menjadi sumber pariwisata kota ini. Namun Kang Emil mengingatkan, jangan menganggap danau-danau tersebut hanya menjadi sarana wisata warga saja, tapi juga memiliki beberapa fungsi sosial dan ekonomi lain.

"Jangan kira danau ganya urusan piknik, di danau ada masjid, restoran, tempat riset. Jadi dapat dimanfaatkan secara maksimal," imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga kang Emil menjawab pertanyaan mengenai penetapan Rumah Cimanggis menjadi situs sejarah, rumah yang dibangun oleh Gubernur Jenderal ke-29 Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC), Petrus Albertus van der Parra, pada 1975, baru-baru ini didorong untuk ditetapkan sebagai situs sejarah. Menurutnya, untuk menetapkan sebuat bangunan menjadi situs sejarah ada berbagai tahapan.

"Bangunan lebih dari 50 tahun baru bisa ditetapkan sebagai cagar budaya, selain itu ada peristiwa bersejarah di tempat tersebut. solusinya harus ada yang menetapkan karena tua. Harusnya bisa dilestarikan, bahaynya jika kota tidak melestarikan cagar budaya," jelasnya.[jat]

Komentar

x