Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 19 Juli 2018 | 13:10 WIB
 

Prabowo Akan Deklarasi Capres Besok?

Oleh : Ivan Setyadi | Sabtu, 10 Maret 2018 | 13:44 WIB
Prabowo Akan Deklarasi Capres Besok?
Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Ditengah banyaknya dukungan untuk Joko Widodo untuk maju kembali menjadi presiden, Gerindra terus mematangkan rencana koalisi dengan PKS.

Hal itu seperti disampaikan Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade menyikapi rencana pemilihan presiden 2019 mendatang.

"Gerindra dan PKS selalu berkomunikasi soal pengusungan capres pada Pemilu 2019 nanti," kata Andre ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu (10/3/2018).

Prabowo Subianto, masih menjadi calon terkuat Gerindra untuk menjadi calon presiden 2019 mendatang. Gerindra juga menangkap kemungkinan PKS sepakat dengan nama Prabowo sebagai capres.

"Saya kira PKS juga akan setuju bila kembali mengusung Prabowo sebagai capres," katanya.

Soal dukungan, Andre tak kecut meski Jokowi banjir dukungan parpol. Gerindra dan PKS, sudah cukup untuk mengusung capres karena syarat pengusung capres 112 kursi di DPR RI sudah terpenuhi.

"Gerindra memiliki 73 kursi di DPR, sementara PKS 40 kursi. Jadi, dua partai ini saja sudah cukup untuk mengusung capres," jelas Andre.

Namun demikian, pihaknya mengajak partai-partai lain untuk bergabung, seperti Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Kalau mereka mau bergabung, mereka bisa mencari cawapres yang cocok untuk mendampingi Prabowo, bisa Muhaimin Iskandar (Ketua Umum PKB), Zulkifli Hasan (Ketua Umum PAN), atau lainnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Andre mengatakan seluruh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra akan mendeklarasikan Prabowo sebagai capres pada Minggu (11/3/2018) bertepatan dengan perayaan HUT Ke-10 Gerindra.

Munculnya rencana deklarasi serentak dari para pengurus daerah ini menggambarkan kebulatan tekad untuk kembali mengusung Prabowo bertarung dalam Pilpres 2019.

"Harapannya dari deklarasi ini, Pak Prabowo mau menerima dan mendeklarasikan diri untuk maju sebagai Capres 2019," ujarnya.

Sejauh ini, kata Andre, Prabowo Subianto belum menyatakan diri untuk kembali bertarung pada Pilpres 2019."Pada peringatan HUT Gerindra di DPP, Pak Prabowo menyatakan akan maju bila ada aspirasi dari masyarakat, bukan hanya sekedar 'polling' yang ada. Nah, dengan deklarasi tersebut diharapkan Pak Prabowo segera menerima permintaan kami ini. Biar beliau segera mendeklarasikan dirinya," ucap Andre.

Ia berharap dengan deklarasi dari seluruh DPD Gerindra ini, Prabowo Subianto segera mendeklarasikan diri sebagai Capres 2019 pada akhir Maret 2018 atau awal April 2018.[Tar].

Komentar

x