Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 16:25 WIB
 

Ahok-Xanana Instrumen Atasi Penahan Ba'asyir ?

Oleh : Willi Nafie | Sabtu, 10 Maret 2018 | 06:00 WIB
Ahok-Xanana Instrumen Atasi Penahan Ba'asyir ?
Achmad Michdan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Model penahanan terpidana kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan mantan gerilyawan Timor Leste Xanana Gusmao dapat dijadikan sebagai instrumen lain dalam mengatasi persoalan penahanan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir.

Hal ini disampaikan Achmad Michdan, kuasa hukum Abu Bakar Ba'asyir. Lantaran merujuk pada Ahok yang telah divonis bersalah justru mendekam di Rutan Mako Brimob bukan di lembaga pemasyarakatan (LP) dengan alasan keamanan.

Kemudian Xanana pernah dipenjara karena dianggap melawan pemerintahan Indonesia. Kemudian Xanana statusnya diturunkan menjadi tahanan rumah.Lantaran sejauh ini Ba'asyir masih tetap menolak ajukan grasi.

"Ia betul itu (Model penahanan terhadap Ahok dan Xanana dapat dijadikan sebagai instrumen lain)," kata Michdan, kepada INILAHCOM, Jumat (9/3/2018).

Menurut dia, sejatinya dalam pertimbangan kemanusiaan mengalihkan Ba'asyir sebagai tahanan rumah sudah merupakan langkah yang tepat ketimbang grasi. "Dalam konteks ustaz abu alasannya kemanusiaan," tutupnya. [wll]

Komentar

 
x