Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 10 Desember 2018 | 17:13 WIB

Penahanan Ba'asyir Ingin Ala Ahok

Oleh : Willi Nafie | Sabtu, 10 Maret 2018 | 05:00 WIB

Berita Terkait

Penahanan Ba'asyir Ingin Ala Ahok
Achmad Michdan - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Pola penahanan terpidana kasus penodaan agama, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) diharapkan jadi refrensi pemerintah dalam bersikap menentukan keputusan penahanan terpidana kasus terorisme Abu Bakar Ba'asyir.

Mengingat Ahok telah divonis bersalah namun tidak mendekam di lembaga pemasyarakatan (LP). Melainkan di Rutan Mako Brimob hingga masa tahanan selesai.

Adapun kondisi kesehatan Ba'asyir, semakin menurun dan tergolong uzur lantaran usianya mencapai 80 tahun dan saat ini harus menjalani hukuman 8,5 tahun di LP Gunung Sindur Bogor.

"Dia (Ahok) kan napi tapi dia tidak menjalankan pidananya di lembaga pemasyarakatan, ahok ini menjalankan di Mako Brimob," kata Achmad Michdan, kuasa hukum Abu Bakar Ba'asyir, kepada INLAHCOM, Jumat (9/3/2018).

Menurut Michdan, dengan adanya banyak penyakit dan kondisi kesehatan Ba'asyir mulai menurun maka sebaiknya statusnya dijadikan menjadi tahanan rumah.

"Tidak sehat lagi dengan inisiasi pidana di rumah itu hal yang bisa dilakukan, karena kejadian seperti ini sudah pernah terjadi pada kasus Xanana Gusmao dan Ahok," tuturnya. [wll]

Komentar

x