Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 20 September 2018 | 11:02 WIB

Mendikbud: Silakan Siswi Sekolah Pakai Cadar

Kamis, 8 Maret 2018 | 17:45 WIB

Berita Terkait

Mendikbud: Silakan Siswi Sekolah Pakai Cadar
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Gresik - Polemik penggunaan cadar bagi siswi di sekolah direspon oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Menurutnya, terkait siswa sekolah baik itu di sekolah dasar, sekolah menengah pertama maupun sekolah tingkat atas dan sederajat bukan kewenangannya. Sebab, di instansinya tidak ada regulasi yang mengatur tentang boleh tidaknya mengenakan cadar saat sekolah.

"Semua aturan itu kami serahkan ke masing-masing sekolah. Kemudian sekolah itu, kalau mau membuat keputusan mengenai tata aturan yang berkaitan dengan siswa yang berhubungan dengan hal sensitif harus dibicarakan dulu dengan komite sekolah, atau bisa konsultasi dengan dinas setempat," ujar saat ditemui wartawan usai acara bantuan penyerahan Kartu Indonesia Pintar (KIP), bantuan dana Program Keluarga Harapan (PKH), Bansos Pangan Rastra, di GOR Tridharma Petrokimia Gresik, Kamis (8/03/2018).

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengatakan, persoalan mengenai siswa sekolah mengenakan cadar tidak usah diperpanjang lagi.

Terkait dengan itu, pihaknya menyerahkan semua ke masing-masing sekolah. "Kalau sudah ada kesepakatan tidak dilarang ya silakan saja. Tapi, kalau tidak ada kesepakatan silakan tidak diberlakukan. Intinya, kami di Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tidak melarang," ujar Muhadjir Effendy.

Seperti diberitakan, polemik ini pengenaan cadar berawal dari kebijakan yang diterapkan oleh pihak kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Pada Februari 2018, pihak kampus UIN Yogyakarta mendata mahasiswinya yang bercadar. Selain UIN Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyusul melakukan pendataan soal pengenaan mahasiswi bercadar.

Terkait dengan itu, pembinaan pun dilakukan namun belum mengarah pada penindakan. [beritajatim]

Komentar

x