Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 19 Oktober 2018 | 02:28 WIB

Grasi Ba'asyir, Pemerintah Diharapkan Besar Hati

Oleh : Ray Muhammad | Kamis, 8 Maret 2018 | 06:00 WIB

Berita Terkait

Grasi Ba'asyir, Pemerintah Diharapkan Besar Hati
Abu Bakar Ba'asyir - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengamat Terorisme Taufik Andrie menilai bahwa saat ini sudah waktunya untuk Abu Bakar Ba'asyir menerima grasi dari pemerintah.

Taufik mengatakan pemberian grasi perlu dilakukan pemerintah lantaran kondisi kesehatan terpidana kasus terorisme itu yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

"Argumentasi kemanusiaan bagaimanapun lebih penting daripada hukum. Grasi pemberian fasilitas dan pelayanan kesehatan yang memadai ini sangat diperlukan Ustadz Ba'asyir," ujar Andrie kepada INILAHCOM, Jakarta, Rabu (8/2/2018).

Ia menambahkan, pemerintahan saat ini perlu melakukan langkah hukum ini terhadap Ba'asyir sebagai perwujudan keadilan yang didasarkan atas hati nurani kepada rakyatnya.

Dengan demikian, Andrie mengatakan pemerintah perlu berbesar hati untuk tak perlu mendesak Ba'asyir mengakui kesalahannya sebagai syarat pemberian grasi.

"Di satu sisi memang diperlukan kebesaran hati dari pemerintah. Namun, mengingat usia Ba'asyir, ada kebutuhan pemerintah juga untuk besikap adil bagi orang-orang yang memiliki alasan tertentu melawan pemerintah, tapi mengalami masalah kesehatan dan faktor usia," paparnya.

Komentar

Embed Widget
x